Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 29, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Bedanya HDL, LDL, dan VLDL

Topcareer.id – Kolesterol adalah zat seperti lilin atau lemak yang ditemukan di semua sel di tubuh kamu.

Tubuh kamu membutuhkan beberapa kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu kamu mencerna makanan.

Tubuhmu akan membuat semua kolesterol yang dibutuhkannya. Kolesterol juga terdapat pada makanan dari sumber hewani, seperti kuning telur, daging, dan keju.

Jika kamu memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah, itu akan dapat bergabung dengan zat lain dalam darah untuk membentuk plak.

Plak ini akan menempel pada dinding arteri. Penumpukan plak ini dikenal sebagai aterosklerosis.

Ini dapat menyebabkan penyakit arteri koroner, di mana arteri koroner menjadi sempit atau bahkan tersumbat akibat kolesterol.

Baca juga: Tips Mengelola Kolesterol dalam Tubuh

Apa itu HDL, LDL, dan VLDL?
HDL, LDL, dan VLDL adalah lipoprotein. Mereka adalah kombinasi dari lemak (lipid) dan protein.

Lipid harus melekat pada protein sehingga mereka dapat bergerak melalui darah. Berbagai jenis lipoprotein memiliki tujuan yang berbeda.

  • HDL (High-Density Lipoprotein) Kadang-kadang disebut kolesterol “baik” karena membawa kolesterol dari bagian lain tubuh kamu kembali ke hati. Hati kamu kemudian menghilangkan kolesterol dari tubuh.
  • LDL adalah singkatan dari (Low-Density Lipoprotein) Kadang-kadang disebut kolesterol “jahat” karena tingkat LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan plak di arteri.
  • VLDL adalah singkatan dari (Very Low-Density Lipoprotein) Beberapa orang juga menyebut VLDL sebagai kolesterol “jahat” karena juga berkontribusi pada penumpukan plak di arteri.

Tetapi VLDL dan LDL berbeda. VLDL terutama membawa trigliserida dan LDL terutama membawa kolesterol.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan