Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 29, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Pilih Karier yang Tepat untuk Para Fresh Graduate

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Tak sedikit orang yang berencana untuk langsung bekerja setelah mendapat gelar sarjana. Apalagi di tengah pandemi ini, membantu perekonomian keluarga menjadi alasan utama para fresh graduate untuk langsung mencari kerja ketimbang melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Meski demikian, kamu tidak boleh asal memilih pekerjaan ya. Karena jika salah, hal tersebut malah bisa menjadi beban. Alhasil kinerja kamu tidak akan dapat maksimal dan kamu mengalami stagnan dalam berkarier. Jika sudah begitu, impian memiliki gaji dua atau 3 digit pun akan sirna begitu saja.

Oleh sebab itu, yuk intip beberapa tips memilih karier yang tepat bagi fresh graduate.

Baca juga: 2 Kemampuan yang Harus Dimiliki Para Fresh Graduate sebelum Masuk Dunia Kerja

Kenali diri sendiri
Sebelum melamar sebuah pekerjaan, pastikan kamu telah menggali lebih dalam tentang diri kamu. Ketahui kamu tipe orang yang suka bekerja di lapangan atau belakang meja. Setelah itu, temukan passion atau hal apa yang kamu sukai.

Buat daftar pekerjaan yang diinginkan
Jika sudah mengenali diri, sekarang saatnya kamu membuat daftar pekerjaan yang diinginkan dan cocok dengan kepribadian kamu. Usahakan memiliki 2-5 profesi yang berbeda dan lihat plus minus jika kamu bekerja di posisi tersebut.

Lakukan riset
Jika kamu telah memantapkan hati pada satu pekerjaan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset. Cek apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab hingga gaji yang ideal untuk posisi tersebut

Berpikir logis
Walaupun kamu berpatokan pada apa yang kamu inginkan, tetapi hal itu harus diiringi juga dengan pikiran logis. Jangan sampai kamu salah dalam mengambil keputusan karena terlalu emosional.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan