Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Surat Asli yang Ditulis Steve Jobs Dilelang Rp 4,2 Miliar

Surat Steve Jobs yang dilelang. (Sumber: Bonhams Instagram)

Topcareer.id – Apakah kamu penggemar Steve Jobs, sang pendiri Apple? Tulisan tangan Steve Jobs pada usianya 18 tahun dan terdapat tanda tangannya bakal dijual dengan harga yang cukup fantastis. Rumah lelang Inggris Bonhams akan melelang surat, yang ditulis Jobs kepada teman masa kecilnya Tim Brown, pada 3 November.

Catatan satu halaman tersebut menampilkan pemikiran Jobs tentang Zen Buddhisme dan rencananya untuk bepergian ke India untuk menghadiri Kumbh Mela, ziarah dan festival keagamaan Hindu. Rumah lelang mengharapkan surat asli tersebut dilelang dengan harga antara USD200.000-USD300.000 atau sekitar Rp2,8 miliar-Rp4,2 miliar.

Surat itu tertanggal 23 Februari 1974, hanya sehari sebelum ulang tahun ke-19 Jobs dan lebih dari dua tahun sebelum Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple. Bonhams menggambarkan koleksi itu sebagai surat tulisan tangan pertama oleh Steve Jobs yang dijual di lelang.

Jobs memulai surat itu dengan menanggapi beberapa korespondensi sebelumnya dari Brown, menulis dalam huruf kecil semua: “tim, saya telah membaca surat Anda berkali-kali / saya tidak tahu harus berkata apa. banyak pagi telah datang dan pergi / orang-orang datang dan pergi / saya telah mencintai dan saya telah menangis berkali-kali. Aku entah bagaimana, di balik itu semua tidak berubah — kau mengerti?”

Brown dan Jobs bersekolah di Homestead High School bersama di Cupertino, California, tempat Apple sekarang bermarkas. Kedua teman itu tetap berhubungan sepanjang hidup mereka sampai kematian Jobs pada tahun 2011, menurut profil LinkedIn Brown.

Baca juga: Amazon Berencana Rekrut 150 Ribu Pekerja Musiman

Dalam surat itu, Jobs menjelaskan kepada Brown bahwa dia sedang menabung uangnya untuk perjalanan ke India. Jobs terkenal menghabiskan tujuh bulan di India akhir tahun itu, mencari pencerahan spiritual, sebelum kembali ke Sillicon Valley dengan kepala dicukur ala biksu Buddha.

Sekitar waktu yang sama, Jobs mulai secara teratur bermeditasi dan bereksperimen dengan obat-obatan psikedelik. Ketika dia meninggal pada tahun 2011, Jobs diperkirakan memiliki kekayaan bersih pribadi sebesar USD8,3 miliar. Saat ini, nilai pasar Apple hampir USD2,5 triliun.

“Surat ini memberi kita wawasan yang menarik tentang proses mental dari salah satu pencipta dan pengusaha terbesar di dunia,” kata Adam Stackhouse, direktur sejarah bisnis sains dan teknologi Bonhams, mengatakan dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

“Tidak ada surat tanda tangan dari Jobs yang pernah muncul di lelang sebelumnya, dan tentu saja tidak ada materi yang mengungkapkan dan berwawasan seperti ini,” ujarnya.**(Feb)

Leave a Reply