Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

DANA Gelar Program Berbagi Kompetensi dan Bangun Komunitas Mandiri untuk Negeri

Topcareer.id – Tantangan di era pandemi ini tentu lebih berat daripada tahun-tahun sebelumnya, melihat hal ini Dompet digital DANA menegaskan komitmennya untuk membantu pemberdayaan masyarakat.

Tak hanya itu, DANA juga berkomitmen untuk memberi kontribusi terhadap pembangunan nasional.

Untuk mendukung hal ini DANA mengadakan inisiatif sosial DANA Untuk Negeri, yakni program kerja sukarela karyawan pertama kalinya, berupa pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perempuan, komunitas, dan UMKM.

DANA berharap inisiatif ini bisa menumbuhkembangkan potensi pemuda bangsa untuk bersatu, bangkit, dan tumbuh dalam menghadapi tantangan di masa krisis akibat pandemi.

“Indonesia memiliki potensi yang begitu besar jika dilihat dari populasi dan tingkat usia produktif. Namun, untuk bisa memanfaatkan bonus demografi, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam hal kualitas dan keterampilan pemuda bangsa. Karena itu, perlu upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi mereka agar lebih mandiri dan berdaya saing tinggi,” kata Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia di tahun 2020 tercatat 71,94. Namun sayangnya meskipun naik sekitar 0,02 poin dari tahun sebelumnya, Indonesia masih menduduki peringkat 107 dari 189 negara.

Mengacu pada hal tersebut, masih dibutuhkan banyak upaya untuk meningkatkan IPM yang berpatok pada sejumlah variabel, terutama tingkat harapan hidup, pendapatan bruto serta pendidikan.

Agustina menambahkan bahwa program “DANA Untuk Negeri” merupakan suatu wujud komitmen DANA terhadap pengembangan edukasi informal.

DANA juga sebelumnya aktif dalam kegiatan berbagi kompetensi melalui program BicaraDANA.

Program tersebut bertujuan dalam mengembangkan kemampuan masing-masing karyawan dengan menjadi pembicara di acara eksternal secara gratis.

Tak hanya itu, DANA juga menghadirkan sejumlah program pemberdayaan yang sustainable melalui onboarding digital maupun pendampingan kepada pelaku usaha termasuk UMKM yang menjadi mitra DANA Bisnis.

Baca juga: Dana Raih Peringkat 1 dalam Hal Tingkat Kebahagiaan Karyawan

Melihat karyawan DANA yang mayoritas adalah kaum muda dari beragam latar belakang, maka program ini mengajak karyawan DANA mendaftarkan dirinya secara sukarela untuk menjadi tenaga pengajar

Ini menjadi langkah awal yang konkret dari dana melalui program DANA Untuk Negeri.

Mereka yang terpilih akan mendapatkan pendalaman materi dan pelatihan (train the trainers) untuk membentuk mereka menjadi pelatih andal sebelum mengajar langsung para peserta pelatihan.

Program DANA Untuk Negeri diluncurkan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober tahun ini akan bergulir di tiga kota yakni Semarang, Palembang dan Pontianak dan akan berlangsung hingga Desember 2021.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply