Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Keseringan Main HP dan Laptop Bikin Sakit Leher? Ini Solusinya (Bagian 2)

Dok/Freepik

Topcareer.id – Di era digital ini, kamu menggunakan laptop untuk bekerja hingga rapat virtual, kamu juga menggunakan smartphonemu untuk cek email sampai sosial media. Bisa dikatakan lehermu menanggung beban dari semua aktivitas itu.

Ternyata rasa sakit, nyeri dan ketegangan yang Anda rasakan di lehermu memiliki istilah: tech neck. Pada kenyataannya, apapun yang menyebabkan lehermu terus menunduk ke depan (seperti posisi membaca buku) apapun bisa menjadi penyebabnya.

Namun, jenis nyeri leher ini (tech neck) biasanya berasal dari postur tubuh yang tidak normal akibat penggunaan perangkat elektronik dalam frekuensi tinggi dan jangka waktu yang lama. Melansir HuffPost, berikut cara untuk mengurangi (dan mencegah) rasa sakit yang terkait dengan tech neck.

6. Perkuat otot punggung melalui olahraga

Punggung yang kuat adalah untuk mengencangkan leher seperti gigi yang kuat bagi rongga — semakin baik bentuknya, semakin tahan terhadap kerusakan. Dalam kasus tech neck, mempertahankan otot punggung yang kuat berarti lehermu lebih mampu menangani lebih banyak stres.

Ronald Tolchin, direktur medis di Pusat Tulang Belakang Miami Neuroscience Institute Baptist Health merekomendasikan untuk melatih punggungmu melalui latihan penguatan otot inti.

Latihan berbasis pilates (dengan atau tanpa reformer) serta papan – yang membantu memperkuat otot-otot ekstensor di punggung, menurut Lin – sangat membantu dalam mempromosikan postur keseluruhan yang lebih baik dan keselarasan tulang belakang.

7. Lakukan peregangan di kusen pintu untuk menghilangkan sesak

Peregangan kusen pintu dapat bermanfaat bagi otot-otot di bagian depan korset bahu dan dinding dada, kata Tolchin. Berikut cara melakukannya: “Angkat setiap lengan di ambang pintu sekitar 90 derajat di bahu dan siku dengan telapak tangan menghadap ke depan,” kata Tolchin.

Baca juga: Pakar UNAIR Sebut Usia Muda Berpotensi Osteoporosis, Ini Faktor Risikonya

“Letakkan telapak tanganmu di kusen pintu dan perlahan-lahan melangkah maju dengan satu kaki pada satu waktu untuk merasakan peregangan di ikat pinggang dan dinding dadamu. Kamu harus melakukan ini sampai ketegangan terasa pada otot-otot tersebut. Tahan posisi itu selama 10 hingga 15 detik dan ulangi tiga kali.”

8. Pijat area yang sakit

Rasa sakit yang terkait dengan tech neck dapat menyebar dari leher ke bahu dan punggung bagian atas. Hal ini juga dapat meningkatkan ketegangan di bahu dan menyebabkan mati rasa, nyeri dan bahkan sakit kepala.

Pijatan yang baik dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan ini, karena “membantu meringankan jaringan lunak dan ketegangan otot tingkat atas,” kata Abraham. Ini juga dapat mengurangi peradangan pada otot leher, dan merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan kekakuan dan stres.

9. Gunakan retinol jika ingin mengurangi garis-garis halus

“Membiarkan kepala kita menatap barang elektronik dalam waktu lama dapat menyebabkan lipatan di leher kita, dan melakukan ini dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan,” kata Abraham.

Untuk mengatasi ini, cobalah memasukkan retinol pembangkit tenaga anti-penuaan ke dalam rutinitas perawatan kulit malam hari. Pastikan bahwa kamu menggunakan konsentrasi rendah atau jenis krim retinol yang lembut, karena retinol dapat mengiritasi banyak jenis kulit.

10. Cukup tidur

Tidur malam yang baik tidak hanya memberimu dorongan energi dan meningkatkan tingkat produktivitas — ini benar-benar dapat membantu meringankan rasa sakit karena tubuhmu memperbaiki dirinya sendiri saat tidur. Sweet spot yang harus dituju adalah sekitar tujuh hingga sembilan jam.**(Feb)

Tinggalkan Balasan