Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Lebih Dari 100 Pemimpin Global Janji Akhiri penebangan Hutan Tahun 2030

Dok: Florian PLAUCHEUR/AFP

Topcareer.id – Ada lebih dari 100 pemimpin global pada Senin malam (1/11) berjanji untuk menghentikan dan membalikkan deforestasi serta degradasi lahan pada akhir dekade ini.

Hal ini akan didukung oleh dana publik dan swasta senilai US$19 miliar untuk diinvestasikan dalam melindungi dan memulihkan hutan di seluruh dunia.

Pernyataan bersama pada pembicaraan iklim COP26 di Glasgow didukung oleh para pemimpin negara termasuk Indonesia, Brazil, serta Republik Demokratik Kongo yang secara kolektif menyumbang 85% dari hutan dunia.

Deklarasi Para Pemimpin Glasgow tentang Hutan dan Penggunaan Lahan akan mencakup hutan seluas lebih dari 13 juta mil persegi.

“Kita akan memiliki kesempatan untuk mengakhiri sejarah panjang umat manusia sebagai penakluk alam, dan sebagai gantinya kita menjadi penjaganya,” kata pemimpin Inggris Boris Johnson.

Sejumlah inisiatif tambahan pemerintah dan swasta diluncurkan pada hari Selasa (2/11) untuk membantu mencapai tujuan itu.

Hutan menyerap sekitar 30% emisi karbon dioksida, menurut lembaga nirlaba Sumber Daya Dunia. Hutan mengambil emisi dari atmosfer dan mencegahnya dari pemanasan iklim.

Dunia telah kehilangan 258.000 kilometer persegi hutan pada tahun 2020, menurut inisiatif pelacakan deforestasi WRI, Global Forest Watch.

Kesepakatan memperluas komitmen serupa yang dibuat oleh 40 negara sebagai bagian dari Deklarasi Hutan New York 2014.

Berdasarkan perjanjian tersebut, 12 negara termasuk Inggris telah berjanji untuk menyediakan 8,75 miliar poundsterling dana publik antara tahun 2021 dan 2025 untuk membantu negara-negara berkembang, termasuk dalam upaya untuk memulihkan lahan yang terdegradasi dan mengatasi kebakaran hutan.

Baca juga: Vietnam Bangun Hunian Hutan Vertikal Tertinggi Di Asia Tenggara

Setidaknya 5,3 miliar poundsterling akan disediakan oleh lebih dari 30 investor sektor swasta termasuk Aviva, Schroders dan AXA.

Para investor juga berjanji untuk berhenti berinvestasi dalam kegiatan yang terkait dengan deforestasi pada tahun 2025.

Para pemerhati lingkungan mengatakan bahwa masyarakat adat adalah pelindung terbaik hutan, sering kali mereka melawan kekerasan dari penebang dan perampas tanah.

COP26 bertujuan untuk mempertahankan target pembatasan pemanasan global pada 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Hutan telah menghilangkan sekitar 760 juta ton karbon setiap tahun sejak 2011, mengimbangi sekitar 8% emisi karbon dioksida dari bahan bakar fosil dan semen.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan