Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Penyebab Jerawat yang Tak Terduga (Bagian 1)

Topcareer.id – Jerawat adalah ancaman nyata untuk kulit kita, apalagi wajah. Menurut Mayo Clinic, Ada empat penyebab utama jerawat: produksi minyak berlebih, folikel rambut tersumbat, bakteri, dan aktivitas hormonal berlebih (khususnya androgen).

Hal-hal seperti diet, obat-obatan tertentu, stres, yang memperburuk kondisi jerawatmu. Melansir Health, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat mendadakmu.

1. Jadwal perjalanan

Pernahkah kamu naik pesawat dengan wajah cerah dan kemudian, dalam sehari setelah tiba di tempat tujuan, muncul jerawat yang mengganggu? Sayangnya, perubahan lingkungan bisa memicu jerawat. Kelembaban di kabin pesawat biasanya kurang dari 20%, sedangkan kelembaban di rumah biasanya lebih dari 30%, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Kelembaban yang rendah dapat menyebabkan kulit seseorang menghasilkan lebih banyak minyak (yang membawa bakteri) dalam upaya untuk rehidrasi. “Seringkali saat kamu bepergian, kamu tidak cukup tidur, sehingga hormon terganggu dan ini dapat menyebabkan jerawat,” kata Debra Jaliman, MD, dokter kulit yang berbasis di New York City dan penulis Skin Rules, dikutip Health.

2. Pasta gigi

Berjerawat di sekitar mulut? Pasta gigimu mungkin penyebabnya. “Pasta gigi berfluoride dapat menyebabkan ruam seperti jerawat di sekitar mulut yang disebut dermatitis perioral,” kata Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York City.

Baca juga: Begini Cara Menghindari Migrain (Bagian 2)

3. Sarung bantal kotor

Mengingat bahwa wajahmu menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari dengan bantal, hanya masalah waktu sebelum kamu mulai berbaring di atas akumulasi debu, sel kulit mati, minyak, kotoran, dan bakteri. “Saat kamu tidur kamu berkeringat, sehingga terjadi peningkatan keringat dan bakteri pada sarung bantal,” kata Jaliman.

Malam berikutnya ketika kamu tidur, kotoran dan minyak yang menumpuk ini akan berpindah dari bantal ke kulitmu, yang pada gilirannya akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan noda.

4. Rutinitas pasca-olahraga

Saat kamu berolahraga, kamu akan banyak berkeringat. Meskipun keringat itu sendiri tidak menyebabkan jerawat. “Keringat dapat menjebak kotoran dan minyak pada kulit dan membuatmu berjerawat jika tidak dibersihkan,” kata Dr. Zeichner. Itulah mengapa sangat penting untuk membersihkan kulit setelah berolahraga.

5. Bakteri di ponsel

Ponsel sering terkena permukaan yang sarat bakteri. Menekan pipi dan dagu ke perangkat dapat menyebabkan penumpukan minyak dan bakteri. Dan kotoran itu bisa menempel di wajahmu saat berbicara di telepon. Ini dapat mempengaruhimu untuk berjerawat.**(Feb)

Tinggalkan Balasan