Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Penyebab Jerawat yang Tak Terduga (Bagian 2)

Topcareer.id – Jerawat adalah ancaman nyata untuk kulit kita, apalagi wajah. Menurut Mayo Clinic, Ada empat penyebab utama jerawat: produksi minyak berlebih, folikel rambut tersumbat, bakteri, dan aktivitas hormonal berlebih (khususnya androgen).

Hal-hal seperti diet, obat-obatan tertentu, stress, yang memperburuk kondisi jerawatmu. Melansir Health, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat mendadakmu.

6. Memencet jerawat

Saat kamu memencet atau mencoba memencet jerawat, kamu berisiko mendorong sebagian dari apa yang ada di dalamnya, termasuk bakteri, nanah, atau sel kulit mati, lebih dalam ke kulitmu, yang dapat memperburuk masalah, menurut American Academy of Dermatology. Hal ini dapat meningkatkan peradangan, terkadang mengakibatkan jaringan parut permanen.

7. Produk rambut tertentu

Jika kamu menggunakan produk penata rambut yang mengandung minyak di rambutmu, kamu mungkin berisiko mengalami jerawatan. Menurut Debra Jaliman, MD, dokter kulit yang berbasis di New York City, saat rambutmu bergesekan dengan wajah, kulitmu bisa menyerap minyak itu.

“Ini dapat menyumbat pori-pori mu, menyebabkan kemerahan, komedo, jerawat, dan komedo putih berkembang di dahi dan di sekitar garis rambut,” jelas Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York City.

Baca juga: 12 Tips Simple Jaga Kesehatan Di Musim Hujan (Bagian 2)

8. Kuas riasan yang jarang dibersihkan

Banyak orang menggunakan berbagai alat kecantikan untuk merias wajah setiap hari. Zeichner menjelaskan bahwa jika kuas dan beauty blenders tidak dibersihkan secara teratur dan benar, debu, minyak, sel kulit mati, dan sisa riasan akan mulai menumpuk di atasnya.

“Kumpulan kotoran ini kemudian akan menyebar ke kulit, menghalangi pori-pori, meningkatkan risiko berjerawat, dan menempatkanmu pada risiko infeksi jika memiliki area kulit terbuka,” kata Zeichner.

9. Mengganti produk perawatan kulit

Apakah kamu beralih di antara empat atau lima krim, astringen, dan/atau pembersih jerawat yang berbeda? Sayangnya, menggabungkan beberapa produk perawatan kulit dapat meningkatkan risiko berjerawat.

“Dalam beberapa kasus, terlalu banyak produk yang mengiritasi menyebabkan peradangan pada kulit. Dalam kasus lain, beberapa produk perawatan kulit Anda mungkin mengandung minyak berat yang menyebabkan jerawat,” kata Dr. Zeichner.

10. Memakai kacamata

Tekanan dari kacamata—kacamata hitam, kacamata resep, atau kacamata baca—dapat memicu munculnya jerawat saat menekan kelenjar minyak.

Ini dikenal sebagai acne mechanicala—suatu bentuk jerawat yang dipicu oleh gesekan, tekanan, atau panas yang berlebihan.

“Menggosok kulit ini merangsang kelenjar minyak, menyebabkan produksi minyak berlebih,” jelas Jaliman.**(Feb)

Tinggalkan Balasan