Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mau jadi Pemimpin? Ini 10 Kualitas dan Keterampilan yang Harus Dimiliki (Bagian 1)

Ilustrasi Chief Technology Officer (CTO).

Topcareer.id – Tidak dapat disangkal bahwa individu tertentu dapat sangat memengaruhi kehidupan orang lain berdasarkan pengalaman dan wawasan mereka.

Sementara beberapa pemimpin tampak seperti mereka dilahirkan secara alami, keterampilan dan kepemimpinan dapat menyusul untuk dipelajari.

Bukan masalah jika kamu mendapat peran kepemimpinan namun belum pernah memimpin sebelumnya.

Ada karakteristik, sifat, dan keterampilan tertentu yang pada akhirnya membangun pemimpin yang paling efektif.

Berikut ini kualitas kepemimpinan paling penting yang harus dimiliki dalam diri seorang pemimpin yang hebat.

Bagian pertama dari artikel

1) Komunikasi
Jika kamu berada dalam posisi atau peran kepemimpinan, keterampilan komunikasi yang baik adalah salah satu atribut kepemimpinan yang mutlak penting.

Menggunakan bahasa untuk melakukan komunikasi benar-benar hal utama yang kita miliki sebagai manusia.

Ya, ada isyarat non-verbal, tetapi mampu mengekspresikan diri secara terbuka dan membangun empati dengan orang lain adalah dasar dari kepemimpinan yang efektif.

2) Integritas
“Integritas adalah melakukan hal yang benar, bahkan ketika tidak ada yang melihat.”

Tanpa integritas, tidak ada kesuksesan yang nyata. Kamu tidak dapat mengharapkan bawahan untuk jujur ​​ketika kamu sendiri tidak memiliki integritas.

Pemimpin yang jujur ​​​​dan hebat berhasil ketika mereka berpegang teguh pada kata-kata mereka dan memimpin dengan memberi contoh serta menindaklanjuti.

Integritas adalah landasan dari semua kualitas kepemimpinan lainnya.

3) Akuntabilitas
Pemimpin yang kuat dan baik bertanggung jawab atas hasil tim, baik atau buruk.

Mereka menganggap diri mereka dan karyawan sama-sama bertanggung jawab atas tindakan mereka, sehingga menciptakan rasa tanggung jawab di antara tim.

Bertanggung jawab atas tindakan dan perilaku orang-orang di sekitar sangat penting untuk mengembangkan kualitas kepemimpinan, seperti akuntabilitas.

Baca juga: 4 Tanda Kamu belum menjadi Pemimpin yang Baik di Perusahaan

4) Empati
Pemimpin yang benar-benar hebat memiliki cukup pikiran terbuka untuk memahami motivasi, harapan, impian, dan masalah timnya.

Dengan begitu, pemimpin bisa menjalin hubungan pribadi yang mendalam dengan para anggota timnya.

Empati adalah pengertian. Empati adalah salah satu kualitas kepemimpinan yang mendasar. Empati bukan hanya menjadi orang baik.

Ini adalah pola pikir yang memungkinkan para pemimpin untuk bisa membuat prediksi yang lebih baik dan meningkatkan strategi kerja.

5) Kerendahan hati
Dalam hal mengembangkan kualitas kepemimpinan, mungkin beberapa orang tergoda untuk terpikat dengan gelar atau status baru daripada menjadi pemimpin yang baik dengan kerendahan hati.

Namun, gaya kepemimpinan yang hebat sebetulnya berfokus pada pemecahan masalah dan dinamika tim lebih dari memikirkan promosi dirinya sendiri.

Seorang pemimpin yang baik tidak akan pernah efektif jika mereka lebih mementingkan diri mereka sendiri daripada kesejahteraan timnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan