Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Manfaat Punya Sahabat di Tempat Kerja

Topcareer.id – Apakah kamu punya teman dekat atau sahabat di kantor? Sekitar 65% orang mempertahankan persahabatan dekat dengan setidaknya satu rekan kerja, menurut sebuah studi oleh Good&Co. Namun, apakah persahabatan di kantor ini baik untuk produktivitas dan budaya kerja?

Penelitian dari platform pencarian kerja Good&Co menunjukkan bahwa jenis hubungan persahabatan di tempat kerja dapat meningkatkan kepuasan dan keterlibatan karyawan, dan itu terlihat. Peneliti Good&Co menemukan bahwa 54% pengusaha percaya bahwa hubungan kerja yang kuat meningkatkan budaya perusahaan.

“Hubungan penting karena membantu kita merasa terhubung, membuat kita lebih termotivasi dan produktif,” kata Catherine Fisher, Direktur senior pemasaran dan komunikasi terintegrasi global LinkedIn, mengutip laman Business News Daily.

Berikut manfaat memiliki sahabat di kantor:

Meningkatkan kepuasan kerja

Karyawan yang memiliki sahabat di tempat kerja mengalami tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi. Mereka lebih bahagia dan sering tidak mencari peluang kerja lain.

Menurut Gallup, mereka yang memiliki sahabat di tempat kerja tujuh kali lebih mungkin untuk terlibat dalam pekerjaan mereka, lebih baik dalam melibatkan pelanggan, menghasilkan pekerjaan berkualitas lebih tinggi, memiliki rasa kesejahteraan yang lebih besar, dan cenderung tidak mendapatkan cedera pada pekerjaan.

Baca juga: 4 Kompetensi Untuk Memiliki Kemampuan Kerja, Apa Saja?

Studi lebih lanjut menemukan bahwa wanita yang memiliki sahabat di tempat kerja cenderung tidak mencari peluang kerja. Mereka memiliki kemungkinan yang sama untuk mengalami pengalaman positif tanpa melaporkan pengalaman negatif apa pun.

Peningkatan produktivitas

Pekerjaan bisa monoton. Terlepas dari tugas apa yang kamu lakukan, kamu cenderung mengalami kelelahan setelah bekerja selama beberapa waktu. Individu yang memiliki teman di tempat kerja lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami burnout dibandingkan pekerja yang tidak memiliki teman di tempat kerja.

Persahabatan membawa tantangan untuk berkembang

Teman-teman terbaik cenderung terlibat dalam kompetisi persahabatan untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Selain itu, mereka adalah kritik konstruktif satu sama lain. Individu sering mengambil kritik lebih positif ketika datang dari seseorang yang mereka sayangi.

Perputaran karyawan yang lebih rendah

Karyawan yang memiliki teman di tempat kerja cenderung tidak mencari pekerjaan lain. Persahabatan kerja memberikan rasa keseimbangan kehidupan kerja yang memungkinkan karyawan menikmati kehidupan sosial di tempat kerja mereka.**(Feb)

Tinggalkan Balasan