Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Tantangan Tenaga Kerja Indonesia di Era Industri 4.0

Topcareer.id – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat setidaknya di akhir tahun 2022 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mencapai 8,75 juta orang.

Untuk menurunkan angka ini, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Putri mengatakan pentingnya untuk negara menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

“SDM unggul ini adalah kelompok angkatan kerja Indonesia yang profesional, produktif, mampu bersaing, dan siap menghadapi tantangan global serta revolusi industri 4.0 saat ini,” ujarnya pada Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: Alfamart Bekasi Butuh Helper, Ini Syaratnya

Dalam mencetak SDM unggul ini, lanjut Femmy, tak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan. Di mana penting bagi akademisi untuk melakukan reformasi pendidikan dalam bentuk sinkronisasi dari sisi demand dan supply dalam pelatihan vokasi untuk tenaga kerja, sehingga lembaga vokasi dapat fleksibel menyesuaikan dengan dinamika pekerjaan di era industri 4.0 saat ini

Dalam implementasi menurut Femmy, Perguruan Tinggi mempunyai peran besar dalam mempersiapkan SDM Indonesia untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 ini.

“Sejumlah upaya dapat dilakukan Perguruan Tinggi untuk meningkatkan perannya yaitu perlu dibuat mata kuliah khusus mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi secara lebih mendalam,” tambahnya.

Oleh sebab itu, ia meminta agar seluruh pihak khususnya para pemangku kepentingan di sektor pendidikan mengupayakan terciptanya grand design arah pengembangan pendidikan ke depan, serta mengambil langkah kolaboratif untuk memenuhi proyeksi kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan