Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Meja Kerja Banyak Semut? Begini Cara Usirnya (Bagian 2)

Dok/Ironic Sans

Topcareer.id – Semut gula dan koloninya terkenal sulit untuk disingkirkan dan sangat mengganggu. Apalagi jika kamu meninggalkan sisa makanan di atas meja kerja, atau lupa menutup toples saat mengambil gula.

Namun, jangan panik dulu, ada beberapa cara aman untuk menghilangkannya dan mencegahnya memasuki rumah dengan bantuan solusi alami.

Cara ini tidak beracun dan bahan yang diperlukan pun mudah mendapatkannya, serta tidak perlu menambahkan bahan kimia berat.

Kamu bisa juga lakukan cara berikut ini untuk membantu menyingkirkan spesies semut lain.

Lanjutan dari bagian pertama artikel

5) Minyak kayu putih lemon
Minyak kayu putih lemon diekstraksi dari pohon lemon eucalyptus, ini juga penolak serangga alami.

Gunakan bola kapas dengan minyak kayu putih lemon dan tempatkan di area di mana semut gula biasanya terlihat.

Ini bisa mencegah semut gula masuk atau keluar dari sarangnya. Gantilah bola kapas setiap beberapa hari.

6) Air mendidih
Air panas mendidih dapat dituangkan beberapa kali ke dalam lubang semut gula di sekitar area untuk secara efektif membunuh semut di dalamnya.

Sarang semut tampak kecil, tetapi koloni semut di bawahnya lebar, jadi menuangkan air panas mendidih satu kali tidak akan membunuh semua semut di dalamnya.

Baca juga: Awas! Gula dalam Tubuh bisa Bantu Virus Corona Menginfeksi Sel

7) Asam borat
Asam borat adalah jenis racun yang dapat membunuh semut gula, termasuk ratunya dalam waktu tiga minggu setelah terpapar dengan mengikis kulit luar dan perutnya.

Larutan ini bisa kamu dibuat dengan setengah sendok teh asam borat, delapan sendok teh gula, dan secangkir air hangat dan diaduk sampai isinya larut.

Gunakan bola kapas untuk menyerap larutan ini kemudian tempatkan di sekitar rumah, terutama di area yang sering dilewati semut.

Solusi lainnya dapat dituangkan ke dalam sarang semut juga.

Perangkap semut dapat dibuat menggunakan asam borat dengan mencampur bubuk dengan sesuatu yang manis, seperti sirup maple atau sirup jagung yang akan menarik semut gula.

Kamu bisa pasang perangkap ini di area di mana semut terlihat.

Ingat, asam borat harus dijauhkan dari hewan peliharaan dan anak-anak, dan pakai sarung tangan saat kamu meraciknya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan