Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

3 Jenis Jerawat yang Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi wajah jerawat

Topcareer.id – Jerawat mungkin jadi kondisi kulit yang dialami hampir pada setiap orang, baik wanita maupun laki-laki. Karena kondisi yang umum itu, banyak penelitian tentang berbagai jenis jerawat dan pilihan perawatan untuk menanganinya.

Melansir laman Health, para ahli kulit menjabarkan tiga jenis jerawat yang paling umum dan seperti apa perawatannya.

1. Jerawat Cystic

Ini adalah benjolan di bawah permukaan yang dalam yang tidak memiliki kepala dan, pada wanita, biasanya terletak di sepanjang garis rahang dan dagu. Kondisi ini umum terjadi pada mereka yang memiliki kulit berminyak—campuran minyak (sebum), kotoran, dan kulit mati terperangkap di dalam pori-pori (karena estrogen dapat menyebabkan produksi sebum melonjak).

Lesi tidak hanya menyakitkan dan merah, tetapi juga dapat menyebabkan PIH (hiperpigmentasi pasca-inflamasi, alias bintik hitam) dan bekas luka lama setelah jerawat sembuh. Karena itu, Dr. Marchbein mengatakan, mengobati jerawat kistik dengan cepat adalah kuncinya.

Cara perawatan: Rutinitas perawatan kulit yang konsisten dapat membantu: Cuci dua kali sehari dengan pembersih yang mengandung bahan pengelupas kimia seperti asam glikolat, dan oleskan retinoid, seperti AcneFree Adapalene Gel di malam hari.

2. Komedo/Whitehead

Akarnya dimulai dengan “sumbat sebum” di pori-pori, atau folikel rambut, jelas Rachel Nazarian, MD, seorang dokter kulit di New York City. Komedo adalah sebum plus bakteri dan sel kulit mati yang menyumbat lubang pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat menutup, whitehead terbentuk. Ini lebih dangkal daripada bintik-bintik kistik.

Baca juga: Meja Kerja Banyak Semut? Begini Cara Usirnya (Bagian 2)

Dengan whiteheads, komedo tertutup, kotoran berada di bawah kulit dan tidak memiliki kontak dengan udara. Keduanya paling sering ditemukan di zona-T karena area tersebut memiliki kelenjar sebaceous paling banyak.

Cara perawatan: Asam salisilat adalah suatu keharusan karena dapat menembus pori-pori dan membuka sumbatannya. Naturopathica Colloidal Silver & Salicylic Acid Acne Clearing Cleanser memasangkan perak antimikroba dan asam sal untuk membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Body blemishes

Bagaimana hal itu terjadi: Bahkan dengan kulit yang bersih, kamu mungkin masih berjuang dengan jerawat tubuh. Sementara kebanyakan orang memiliki kombinasi keduanya, ada banyak yang menderita hanya dari leher ke bawah, kata Dr. Marchbein, dan meskipun penyebabnya serupa (kotoran, minyak, dan kulit mati), keringat juga merupakan faktor utama.

Banyak wanita memperhatikan bahwa tempat mereka paling sering keluar adalah sekitar bra olahraga memerangkap keringat.

Cara perawatan: Gunakan pembersih benzoil peroksida, seperti CeraVe Acne Foaming Cream Cleanser, setelah berolahraga untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Tinggalkan Balasan