Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Asing di Telinga, 5 Profesi Ini Juga Tenaga Kesehatan Lho

Peluang kerja di Kuwait untuk tenaga medis Indonesia sangat besar.Ilustrasi tenaga kesehatan.

Topcareer.id – Dokter, perawat, nutrisionis atau ahli gizi, adalah profesi-profesi yang umumnya kita kenal bekerja di bidang kesehatan. Mereka ini juga disebut tenaga kesehatan atau tenaga medis. Tapi, sebenarnya banyak profesi di bidang kesehatan yang mungkin masih asing di telinga.

Meski kedengarannya asing, mereka juga merupakan bagian dari tenaga kesehatan. Berikut ini Topcareer.id rangkum profesi-profesi bidang kesehatan yang asing di telinga, tapi perannya luar biasa.

1. Phlebotomist

Mereka adalah profesional perawatan kesehatan yang dilatih khusus untuk mendapatkan sampel darah atau sumbangan dari pasien. Di Indonesia sendiri, flebotomi adalah prosedur laboratorium yang dilakukan dengan mengeluarkan sejumlah darah. Jadi, ketika orang perlu menjalani pemeriksaan darah, mereka akan mengunjungi phlebotomist di laboratorium lokal atau di dalam rumah sakit.

Melansir Ladders, seorang phlebotomist dilatih dalam berbagai prosedur yang semuanya berkaitan dengan pengumpulan dan pengujian sampel darah pasien. Seorang phlebotomist dapat melakukan mikro-koleksi dan venipungsi dan dapat memproses spesimen di dalam laboratorium.

Mau tahu lebih banyak soal Phlebotomist? Menggali Profesi Phlebotomist, Seperti Apa Pekerjaannya?

2. Chiropractor

Chiropractor adalah profesional perawatan kesehatan yang berfokus pada diagnosis dan pengobatan gangguan neuromuskuler (sistem syaraf dan otot).

Profesi ini ada juga yang melibatkan penekanan pada perawatan melalui penyesuaian manual dan manipulasi tulang belakang. Bidang chiropraktik umumnya dikategorikan sebagai pengobatan alternatif atau pengobatan komplementer.

Cek artikel selengkapnya soal Chiropractor: Pernah Dengar Profesi Chiropractor? Begini Pekerjaannya

3. Ortodentis

Mereka adalah profesional gigi yang dilatih untuk memperbaiki ketidakteraturan pada gigi dan rahang. Ahli ortodonti memeriksa, mendiagnosis, dan merawat pasien yang mengalami maloklusi, atau gigi yang tidak selaras dengan benar. Apa saja pekerjaan inti Ortodentis? Pelajari selengkapnya: Mengenal Profesi Ortodentis, Beda Lho Dengan Dokter Gigi

4. Ali patologi

Ketika seseorang menjalani biopsi, menjalani tes darah, memberikan sampel urin, atau melakukan sejumlah tes medis, ahli patologi bertanggung jawab untuk menafsirkan hasilnya. Ahli patologi adalah dokter yang sangat terspesialisasi yang melakukan pengujian medis, memeriksa dan menganalisis sampel bahan dari tubuh manusia untuk menentukan ada tidaknya kelainan.

Ketahui lebih banyak tentang profesi ahli patologi: Mengenal Profesi Ahli Patologi, Spesialis Diagnosis Penyakit

5. Ahli anestesi

seorang ahli anestesi adalah seorang praktisi medis yang mengkhususkan diri dalam anestesiologi. Mereka bekerja sama dengan profesional medis lainnya seperti dokter, ahli bedah, dan perawat. Sebelum operasi, ahli anestesi akan mengamati dan menguji pasien untuk memastikan bahwa mereka cocok untuk anestesi.

Apa saja tugas ahli anestesi? Kenali lebih lanjut profesi ini: Mengenal Profesi Ahli Anestesi, Peran Penting Dalam Operasi Medis

Tinggalkan Balasan