Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Sifat Gotong-Royong Bawa Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan

Ilustrasi dermawan

Topcareer.id – CEO Kitabisa.com M. Alfatih Timur mempertegas bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia menurut Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021.

Ia mengatakan bahwa salah satu yang menjadikan negara dengan penduduk hampir 280 juta jiwa itu dinilai paling dermawan ialah karena sifat kegotong-royongan masyarakat.

Alfatih menambahkan, ada tiga indikator yang menjadikan Indonesia sebagai negara paling dermawan. Yang pertama, yakni masyarakatnya paling suka berdonasi.

“Kalau di Kitabisa.com yang sifatnya bottom up, mereka melihat masalah, mereka analisa, mereka bikin penggalangan dana, mereka kumpulkan, mereka implementasi sendiri. Ada lebih dari 3 juta orang baik tahun ini,” kata M. Alfatih dalam keterangannya pada acara Indonesia Town Hall, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Tips Aman Berselancar Di Media Sosial

“Kedua yaitu kerelawanan. Kita ingat waktu oksigen kurang itu WA grup ramai sekali, sosial media juga. Tiga, membantu orang tidak dikenal,” lanjut Alfatih.

Seraya menimpali, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy kembali menambahkan bahwa selain modal gotong-royong yang harus terus dibudayakan dan dilestarikan, sikap empati juga mesti dibangun untuk dapat menggerakkan hati dalam membantu sesama.

“Kita ingat bahwa begitu pandemi selesai bukan berarti semuanya berakhir. Kita harus mengejar ketertinggalan kita untuk pemulihan ekonomi. Tantangan-tantangan pemulihan ekonomi ke depan jauh lebih rawan dari sebelumnya karena kita sudah berhadapan dengan bonus demografi,” kata Muhadjir.

Tinggalkan Balasan