Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Studi: Karyawan yang Banyak Istirahat Tercatat Lebih Produktif

Dok. Work with Vietnamese

Topcareer.id – Apakah kamu tipe orang yang menutup pintu ruang kerja demi menghilangkan semua gangguan untuk fokus pada pekerjaan?

Kamu mungkin mendapatkan nilai tinggi untuk disiplin diri semacam ini, tetapi produktivitas kamu tidak akan optimal.

Hal ini berdasarkan temuan dari studi Draugiem Group, yang menggunakan aplikasi komputer untuk melacak kebiasaan kerja karyawan.

Para peneliti menemukan temuan yang menarik, tulis penulis Travis Bradberry di Quartz.

Ternyata karyawan tertentu secara konsisten lebih produktif daripada rekan-rekan mereka, dan yang produktif ini bukanlah mereka yang terlalu fokus menundukkan kepalanya untuk terus bekerja sampai pekerjaan selesai.

Mereka yang paling produktif adalah karyawan yang sering istirahat.

Secara khusus, para peneliti menemukan, ritme kerja yang ideal adalah waktu kerja 52 menit diikuti dengan istirahat 17 menit.

Hasilnya, karyawan yang sering istirahat ini akan mengalahkan mereka yang terlalu fokus dan jarang istirahat.

Ada alasan neurologis untuk itu, tambah Bradberry. Otak manusia secara alami bekerja dalam aktivitas tinggi yang berlangsung sekitar satu jam, dan kemudian harus beralih ke aktivitas rendah untuk sementara waktu.

Studi ini juga menemukan bahwa mereka yang istirahat lebih sering setiap jamnya masih lebih produktif daripada mereka yang bekerja lebih dari satu jam tanpa istirahat.

Itu informasi yang berguna bagi siapa saja yang menggunakan Teknik Pomodoro yang populer.

Teknik Pomodoro membutuhkan sesi kerja 25 menit diikuti dengan istirahat lima menit, dengan istirahat 15 menit setidaknya sekali setiap dua jam.

Tidak semua jeda diciptakan sama. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari istirahat, kamu harus benar-benar memutuskan hubungan pekerjaan.

Idealnya, pergilah dari meja kerja dan menjauh dari komputer kamu.

Baca juga: Ingin Karyawan Lebih Produktif? Coba 8 Cara Ini

Faktanya, berjalan-jalan adalah salah satu cara paling efektif untuk beristirahat, kata Bradberry.

Membaca untuk kesenangan yang bukan pekerjaan dan mengobrol dengan teman juga merupakan cara yang baik untuk beristirahat.

Jika kamu ingin merasakan manfaat dari pendekatan ini, kamu juga harus benar-benar bekerja ketika sedang waktunya bekerja.

Fokuslah pada tugas yang ada selama 52 menit itu dan jangan lengah untuk tergoda melihat media sosial atau membuka halaman internet yang tidak terkait dengan pekerjaan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan