Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan Bayam dan Sayuran Hijau Bikin Otot Kuat?

Sayur Bayam. (dok. Sindonews)

Topcareer.id – Menurut penelitian baru dari Universitas Edith Cowan, makan sayuran berdaun hijau dapat melakukan keajaiban untuk kekuatan otot.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada 24 Maret menemukan bahwa secara teratur makan sayuran hijau kaya nitrat, seperti bayam dan kangkung, dapat meningkatkan fungsi otot, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah jatuh dan patah tulang.

Tubuh mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, yang dapat membuka pembuluh darah, meningkatkan aliran darah dan kinerja olahraga. Seiring waktu, diet kaya sayuran dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatan kognitif.

“Secara umum, sayuran berdaun hijau adalah beberapa makanan yang paling kaya nutrisi dan ringan kalori di planet ini – mengemas banyak vitamin dan mineral,” kata Dr. Casey Kelley, seorang dokter kedokteran keluarga dan pendiri dan direktur medis dari Kesehatan Integratif Kasus, mengutip laman Healthline.

Sayuran hijau meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan berjalan

Para peneliti mengevaluasi data kesehatan dari 3.759 warga Australia selama periode 12 tahun. Peserta yang makan nitrat paling banyak – yang berlimpah dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada – memiliki kekuatan tungkai bawah 11 persen lebih kuat.

Baca juga: Ingin Hilangkan Lemak Perut? Coba 3 Makanan Ini

Kecepatan berjalan mereka sekitar 4 persen lebih cepat dibandingkan dengan peserta yang makan lebih sedikit sayuran berdaun hijau.

Para peneliti juga mensurvei aktivitas fisik para partisipan. Mereka menemukan bahwa sayuran meningkatkan kekuatan otot terlepas dari apakah para peserta berolahraga.

Bagaimana sayuran meningkatkan kekuatan otot?

Sayuran hijau dikemas dengan nitrat, yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat.

“Nitric oxide melemaskan pembuluh darah dan menyebabkannya melebar. Ini memungkinkan pengiriman oksigen yang lebih besar ke otot-otot,” kata Dr. Niket Sonpal, seorang internis dan ahli gastroenterologi yang berbasis di New York City.

Otot kita membutuhkan lebih banyak oksigen saat kita berolahraga. Sonpal mengatakan bahwa oksigen sangat penting untuk menciptakan bahan bakar saat berolahraga dan juga penting untuk pemulihan otot.

Peningkatan aliran oksigen dapat membuat otot kita bekerja lebih optimal, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kekuatan otot.

Tinggalkan Balasan