Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Tetap Waras dan Sehat Bagi Pekerja Shift yang Kerja 12 Jam (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Safebee)

Topcareer.id – Pekerjaan-pekerjaan seperti perawat, petugas kepolisian, hingga petugas gudang menuntut mereka kadang bekerja shift selama 12 jam. Sayang, ada potensi kekhawatiran untuk kesehatan dan kesejahteraan dari jam kerja itu.

Menurut National Institute of Health, shift panjang dikaitkan dengan masalah medis seperti obesitas, gangguan tidur, dan kelelahan kronis. Meskipun shift 12 jam mungkin tidak dapat dihindari karena tuntutan perusahaan, kamu dapat membuat segalanya lebih mudah bagi diri sendiri.

Jika kamu merasa kewalahan dengan jadwalmu, bicaralah di tempat kerja. Melansir laman Business, untuk membuat shift 12 jam yang kamu lalui lebih mudah diatur, ikuti langkah-langkah ini.

1. Kemas bekal makananmu sendiri dan makanlah dengan benar

Saat berjuang melewati hari yang panjang, kamu mungkin ingin menghadiahi diri sendiri dengan camilan manis atau burger berminyak dari kafetaria. Kenikmatan sesaat ini pada akhirnya menurunkan tingkat energimu dan membawa bencana untuk hari-harimu ke depan. Jika ingin tahu cara bertahan dalam shift 12 jam, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pola makan.

Kamu harus mengemas makanan sehat untuk dimakan selama shift sehingga kamu tidak tergoda untuk menikmati pilihan yang tidak sehat. Sertakan beberapa makanan ringan kecil juga. Kamu harus fokus pada makanan ringan berenergi tinggi dan makanan utuh yang akan membuatmu terus maju.

2. Istirahat yang cukup

Sangat penting untuk mendapatkan tidur malam penuh sebelum shift panjang. Hindari minum alkohol atau kafein di malam hari sehingga kamu dapat menikmati malam yang tenang sebelum tidur.

Baca juga: 5 Alasan Terburuk Saat Tidak Masuk Kerja

Jika kamu memiliki istirahat 20 menit atau lebih selama bekerja, pertimbangkan untuk tidur siang sebentar. Data dari Salk Institute for Biological Studies mengungkapkan bahwa tidur siang selama 20 menit selama shift 10 jam dapat meningkatkan kinerja hingga 50%.

3. Gunakan waktu istirahat kerja dengan bijak

Pergeseran yang panjang dapat menempatkanmu di bawah banyak tekanan mental. Kamu harus memanfaatkan jam istirahat yang diperbolehkan dalam jadwalmu. Kamu dapat menemukan tempat yang tenang untuk bermeditasi dan menjernihkan pikiran, mendengarkan lagu alam yang menenangkan, atau membaca sesuatu yang kamu sukai. Hindari aktivitas yang berpotensi membuat stres, seperti menonton cuplikan drama kriminal atau membaca thriller yang intens.

4. Konsumsi suplemen yang tepat

Suplemen yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa baik kamu menangani shift panjang. Kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan kelelahan. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari salmon, tuna, atau produk makanan yang diperkaya, tetapi suplemen mungkin lebih efektif jika kadarmu rendah.

Vitamin B juga dapat mengurangi kelelahan. Asam lemak omega-3 berkontribusi pada perkembangan sel otak dan membantu tetap bugar. Multivitamin yang lengkap selalu merupakan pilihan yang cerdas. Bicaralah dengan doktermyu tentang suplemen terbaik untuk kebutuhanmu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan