Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Tetap Waras dan Sehat Bagi Pekerja Shift yang Kerja 12 Jam (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Medium)

Topcareer.id – Pekerjaan-pekerjaan seperti perawat, petugas kepolisian, hingga petugas gudang menuntut mereka kadang bekerja shift selama 12 jam. Sayang, ada potensi kekhawatiran untuk kesehatan dan kesejahteraan dari jam kerja itu.

Menurut National Institute of Health, shift panjang dikaitkan dengan masalah medis seperti obesitas, gangguan tidur, dan kelelahan kronis. Meskipun shift 12 jam mungkin tidak dapat dihindari karena tuntutan perusahaan, kamu dapat membuat segalanya lebih mudah bagi diri sendiri.

Jika kamu merasa kewalahan dengan jadwalmu, bicaralah di tempat kerja. Melansir laman Business, untuk membuat shift 12 jam yang kamu lalui lebih mudah diatur, ikuti langkah-langkah ini.

5. Berteman di tempat kerja

Pergeseran 12 jam bisa terasa melelahkan, mungkin sampai-sampai kamu terkadang perlu melampiaskannya kepada seseorang tentang hal itu atau merasa didukung. Teman kerja adalah orang yang tepat untuk memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Mereka akan bersama denganmu di tempat kerja, dan kemungkinan besar mereka akan memahami situasi kerja lebih baik daripada pasangan atau teman terdekatmu yang tidak bekerja. Itu karena mereka mungkin bekerja shift 12 jam tepat di sampingmu.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Kamu Izin Tidak Masuk Kerja

6. Rencanakan liburan

Tampaknya ada banyak alasan mengapa kamu harus berlibur, terutama jika kamu bekerja 12 jam sehari. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menyegarkan diri dan menyeimbangkan pikiran dan tubuh selain meninggalkan pekerjaan untuk waktu yang lama.

Bahkan jika kamu menyukai pekerjaanmu, shift panjang itu akan membuatmu terkuras dengan cara yang mungkin hanya bisa diselesaikan dengan istirahat panjang. Kemungkinan kamu akan kembali dengan pikiran yang lebih jernih dan tubuh yang lebih nyaman, sehingga kamu lebih siap untuk giliran kerja yang panjang.

7. Sesuaikan hari libur biasa

Ada kemungkinan bahwa shift 12 jam membuatmu bekerja hanya tiga atau empat hari seminggu, jadi kabar baiknya adalah kamu libur lebih dari dua hari seminggu. Tetapi pertanyaannya adalah, apa hari libur kamu berikutnya, atau apakah mereka tersebar sepanjang minggu?

Cari tahu opsi mana yang bekerja lebih baik untuk kesehatanmu. Jika kamu mendapatkan waktu fleksibel yang kamu inginkan, hari-harimu di tempat kerja mungkin terasa jauh lebih mudah – yang diperlukan hanyalah pertanyaan sederhana.**(Feb)

Tinggalkan Balasan