Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini yang Membuat Seseorang Puas dalam Pekerjaannya

Topcareer.id – Banyak dari kita para pekerja yang lebih memikirkan jenis pekerjaan apa yang terasa bermakna, daripada hanya sekadar gaji. Wajar jika kamu ingin bahagia dan puas dengan pekerjaan yang kamu lakukan.

Apa yang membuatmu puas dengan pekerjaanmu?

Ada kerangka kerja berbeda yang melakukan pekerjaan dengan baik untuk memprediksi kepuasan orang dengan pekerjaan mereka. Satu berfokus pada sejauh mana orang melihat pekerjaan mereka sebagai panggilan.

Panggilan adalah pekerjaan yang melayani tujuan yang memiliki dampak sosial lebih dari sekedar tugas-tugas tertentu. Ini memberikan manfaat bagi orang lain dan menghubungkan tugas sehari-hari dengan tema yang lebih signifikan.

“Orang yang melihat pekerjaan mereka sebagai panggilan lebih puas dengan pekerjaan mereka daripada orang yang tidak,” kata Art Markman, profesor Psikologi dan Pemasaran di University of Texas di Austin dalam laman Fast Company.

Siapa pun yang merasa pekerjaan mereka terhubung dengan tujuan yang lebih luas dapat mengalami pekerjaan sebagai panggilan, terlepas dari tugas spesifik yang dibutuhkan pekerjaan mereka.

Baca juga: 5 Tips Untuk Manajemen Waktu Yang Lebih Baik

Pendekatan kedua mengacu pada kerangka kerja yang disebut “Teori Karakteristik Pekerjaan.” Idenya di sini adalah bahwa ada lima dimensi pekerjaanmu yang cenderung meningkatkan kepuasanmu dengan pekerjaan. Ini adalah:

Pekerjaan itu membutuhkan berbagai keterampilan dan aktivitas untuk melakukannya dengan baik, jadi kamu melakukan banyak tugas.

Kamu bisa menggembalakan tugas dari awal sampai akhir daripada hanya mengerjakan sepotong kecil teka-teki.

Pekerjaan itu memiliki makna yang lebih luas (yang berhubungan dengan “orientasi panggilan”).

Kamu memiliki kebebasan untuk melakukan pekerjaanmu tanpa manajemen mikro atau pengawasan yang signifikan.

Kamu mendapatkan umpan balik yang sering dan tepat waktu tentang apakah upayamu berhasil.

Semakin banyak pekerjaanmu menampilkan karakteristik ini, semakin besar kemungkinanmu akan puas dengan pekerjaanmu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan