Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tidur dengan Penyumbat Telinga, Amankah?

Topcareer.id – Penyumbat telinga berguna untuk melindungi telinga dari suara keras, tetapi banyak orang juga menggunakannya untuk tidur. Mereka dapat membuat perbedaan besar bagi orang yang tidur nyenyak atau orang yang tinggal di daerah yang bising.

Namun, ada beberapa perdebatan tentang apakah aman untuk tidur dengan penyumbat telinga setiap malam.

Apa saja manfaatnya?

Tidur dengan penutup telinga dapat meningkatkan kualitas tidurmu secara signifikan. Bagi banyak orang, penyumbat telinga adalah satu-satunya cara untuk memblokir suara saat mereka tidur, seperti suara dari jalan bebas hambatan terdekat atau pasangan yang mendengkur.

Ini penting karena kualitas tidur sama pentingnya dengan jumlah yang kamu dapatkan. Suara keras dapat membangunkanmu dari tidur nyenyak. Ini memiliki efek yang bertahan lama, bahkan jika kamu bangun hanya untuk beberapa detik.

Mengutip Healthline, menurut sebuah laporan tahun 2006, tidur berkualitas rendah dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko untuk: tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, kegemukan, dan depresi.

Mengingat pentingnya tidur untuk kesehatanmu secara keseluruhan, penyumbat telinga menawarkan manfaat yang jauh lebih dari sekadar tidur nyenyak.

Baca juga: Makan Di Malam Hari Bisa Pengaruhi Kesehatanmu, Ini Alasannya

Apakah ada efek samping?

Penyumbat telinga umumnya aman. Namun, mereka memiliki beberapa efek samping potensial, terutama jika Anda menggunakannya secara teratur.

Seiring waktu, penyumbat telinga dapat mendorong kotoran telinga kembali ke telingamu, menyebabkan penumpukan.

Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah, menurut Healthline, termasuk gangguan pendengaran sementara dan tinnitus. Untuk membersihkan kotoran, kamu harus menggunakan obat tetes telinga untuk melunakkannya atau menghilangkannya oleh dokter.

Penyumbat telinga juga dapat menyebabkan infeksi telinga. Meskipun dapat terjadi karena penumpukan kotoran telinga, bakteri yang tumbuh pada penyumbat telinga juga dapat menyebabkannya.

Infeksi telinga seringkali menyakitkan dan dapat menimbulkan komplikasi yang berkepanjangan, seperti gangguan pendengaran, jika tidak diobati.**(Feb)

Tinggalkan Balasan