Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Ahli Reumatologi, Dokter Khusus Rematik

Ilustrasi pekerja medis, dokter.Ilustrasi pekerja medis, dokter.

Topcareer.id – Dokter secara umum memberikan diagnosis atas penyakit dan mencari pengobatan yang tepat. Pada penyakit rematik, ada dokter khususnya yang memang menangani penyakit ini, namanya adalah rheumatologist.

Mengutip laman Ladders, rheumatologist adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan pengobatan penyakit rematik yang mempengaruhi sistem muskuloskeletal atau disebabkan oleh kondisi autoimun.

Ketika seseorang mengalami masalah dengan rasa sakit, gerakan, dan mobilitas – khususnya di dalam sendi atau otot – mereka dapat dirujuk ke rheumatologist oleh dokter perawatan primer mereka untuk evaluasi penyebab rematik potensial.

Apa yang dilakukan ahli reumatologi?

Rheumatologists adalah dokter yang menilai dan menganalisis gejala pasien untuk menentukan akar penyebab dan pengobatan. Meskipun mereka mengobati kondisi akut, sebagian besar masalah yang akan ditangani oleh ahli reumatologi adalah masalah autoimun kronis.

“Kondisi umum yang diobati oleh rheumatologists termasuk lupus, osteoarthritis, asam urat, rheumatoid arthritis, vaskulitis, fibromyalgia, dan tendinitis,” tulis Ladders.

Baca juga: 10 Profesi Ini Benar-Benar Pekerjaan Impian Yang Nyata (Bagian 1)

Gejala seperti pembengkakan atau nyeri pada persendian, nyeri tulang, dan kekakuan atau kelemahan otot tanpa penyebab akut yang diketahui, seperti cedera, dapat mengindikasikan perlunya evaluasi oleh ahli reumatologi.

Selama kunjungan di kantor, ahli reumatologi secara fisik menilai pasien dan menggunakan berbagai alat diagnostik untuk membuat diagnosis.

“Mereka mungkin memesan tes seperti pemeriksaan darah untuk mencari keberadaan peradangan dalam tubuh, serta pemindaian untuk mencari kelainan bentuk kerangka atau otot struktural untuk membantu mempersempit akar penyebab rasa sakit pasien mereka dan menentukan pengobatan terbaik.”

Mengobati penyakit rematik bisa menjadi rumit, sehingga ahli reumatologi sering menghabiskan banyak waktu janji temu pasien mereka untuk membahas gejala, perawatan, dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang.

Karena kondisi autoimun sering memiliki hubungan genetik, ahli reumatologi akan sering mengambil riwayat keluarga yang terperinci untuk membantu evaluasi dan diagnosis mereka.**(Feb)

Tinggalkan Balasan