Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Mata yang Lebih Sehat

katarakMata. (Webmd)

Topcareer.id – Kesehatan mata kita tergantung pada banyak komponen yang berbeda dari gaya hidup dan genetika kita. Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk penglihatan dan kesehatan mata jangka panjang adalah makan makanan seimbang yang kaya buah dan sayuran.

Serta diikuti juga dengan asupan makanan rendah lemak jenuh dan gula, menurut Christine Joy, OD, seorang dokter Jaringan VSP. Secara khusus, vitamin A, C, E, dan znc sangat bermanfaat bagi mata. Mengutip laman Health, berikut makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun gelap seperti kangkung mengandung nutrisi penting seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini ditemukan dalam konsentrasi tinggi di makulamu, pusat retina yang bertanggung jawab atas apa yang kamu lihat langsung di depanmu.

Tubuh tidak secara alami membuat semua nutrisi yang dibutuhkannya, jadi penting asupan makanan apa yang ada dalam kandungannya. Makan banyak sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam akan membantu melindungi penglihatan dan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula juga.

Baca juga: Mengejutkan! Ini Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mencerna Makanan

Wortel

Makan wortel tidak akan langsung membuatmu melihat lebih baik, tetapi ada banyak kebenaran dari gagasan bahwa mereka dapat membantu melindungi penglihatan. Mengapa? Karena wortel mengandung banyak vitamin A, yang membantu melindungi permukaan mata dan sangat penting untuk memerangi kekeringan pada mata dan menjaga penglihatan yang baik. Vitamin A juga berperan dalam menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula dan katarak.

Paprika

Paprika berwarna cerah ini membantu menjaga permukaan mata tetap sehat dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia. Hanya satu cangkir paprika menyediakan 100 persen dari nilai harian yang direkomendasikan vitamin A dan C. Plus, paprika itu bebas lemak, rendah kalori, dan mengandung tiga gram serat per cangkir.

Labu

Labu adalah makanan yang mengandung nutrisi yang menyehatkan mata, termasuk vitamin A, C dan E, seng, serat, lutein, dan zeaxanthin. Mikronutrien ini membantu memerangi degenerasi makula terkait usia, sindrom mata kering, dan katarak.

Leave a Reply