Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Data Gojek: 4 Fakta Kebiasaan Jalan-Jalan Masyarakat Saat PPKM Longgar

Traveling dengan mobil pribadi. (ilustrasi: pexels)

Topcareer.id – Seiring dengan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang relatif membaik, Gojek turut melihat tren baru pada pola mobilitas masyarakat. Gojek melihat ada pergeseran tren pemanfaatan layanan Gojek dalam mobilitas masyarakat.

Pada masa PPKM Darurat/PPKM Level 4, layanan transportasi Gojek mayoritas dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi ke pasar dan toko swalayan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, serta dimanfaatkan pekerja sektor esensial, terutama tenaga medis.

Namun, kini tren tersebut sudah mulai bergeser. Data internal Gojek menunjukkan bahwa destinasi perjalanan saat ini sudah kian variatif, tak hanya ke lokasi aktivitas sehari-hari seperti sekolah, kampus ataupun perkantoran, tapi juga tempat-tempat yang bersifat rekreasional.

“Sejak awal, Gojek terus berupaya menghadirkan solusi atas berbagai kebutuhan masyarakat. Dalam situasi pandemi yang relatif membaik seperti saat ini, kami juga senantiasa hadir mengiringi kebutuhan mobilitas masyarakat yang merasa #UdahSaatnya beraktivitas kembali dan mengejar produktivitas lewat layanan transportasi yang aman dan bisa diandalkan,” kata Amanda Parikesit, Head of Global Marketing Transport Gojek dalam siaran pers.

Berdasarkan data internal yang tercatat pada layanan transportasi Gojek, berikut aktivitas dan destinasi favorit pilihan Gojekers:

1. Jalan-jalan dan memenuhi berbagai kebutuhan di pusat perbelanjaan

Sejak PPKM Level 1 diberlakukan, perjalanan menuju pusat perbelanjaan meningkat 22% di bulan November dibandingkan pada bulan Oktober. Area pusat perbelanjaan atau mall yang paling diminati masyarakat antara lain Grand Indonesia yang terletak di wilayah Bundaran HI Jakarta Pusat, Lotte Shopping Avenue dan mall lainnya di sekitar Jalan Profesor Doktor Satrio Setiabudi Jakarta Selatan, serta mall di lokasi-lokasi lain seperti Jalan Asia Afrika Senayan Jakarta Selatan, maupun di area Jalan Letjen S. Parman Tanjung Duren Jakarta Barat.

Memasuki akhir pekan yang cenderung lebih ramai, layanan Gojek kian jadi andalan untuk menuju mall. Pada akhir pekan di mana penggunaan kendaraan pribadi meningkat dan cari parkir jadi aktivitas yang menyulitkan, layanan transportasi Gojek jadi solusi praktis. Terbukti perjalanan Gojek ke pusat perbelanjaan di akhir pekan meningkat hingga 18%.

Baca juga: ‘Spider-Man: No Way Home’ Cetak Pembukaan Terbaik Ketiga Dalam Sejarah Sinematik

2. Kongkow bersama kolega di tempat hits di pusat kota

Ternyata tempat-tempat nongkrong yang punya area outdoor dan sirkulasi udara yang baik, semakin diminati oleh pelanggan. Restoran yang tersebar di bilangan Sudirman, Senayan, dan Senopati menjadi destinasi yang kerap dikunjungi pengguna GoCar, utamanya di akhir pekan mulai pukul 18.00.

Dibanding periode-periode sebelum PPKM Level 1, perjalanan menggunakan GoCar ke tempat-tempat tersebut meningkat sebesar 10%. Kembali bergeliatnya restoran ini, turut diikuti dengan perilaku dan kebiasaan yang menyesuaikan dengan situasi pandemi. Jika sebelum pandemi pemesanan layanan Gojek di tempat ini pada pukul 23.00 ke atas terhitung cukup tinggi, berdasarkan data saat ini, pemesanan dari daerah-daerah ini berkisar hanya sampai pukul 21.00 – 22.00.

3. Eksplor Kegiatan di Tempat Outdoor

Di masa pandemi, kesadaran akan gaya hidup sehat semakin meningkat. Tak heran, area publik yang bersifat outdoor jadi pilihan. Baik berolahraga, jogging, tracking atau sebagai tempat alternatif nongkrong yang lebih aman. GoCar L yang memiliki kapasitas hingga 6 penumpang menjadi armada pilihan untuk bepergian bersama ke tempat seperti ini.

Berdasarkan data, titik-titik outdoor favorit seperti kawasan Gelora Bung Karno, Kebun Binatang Ragunan, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, taman-taman kota yang belakangan kembali dibuka untuk umum, kunjungannya konsisten meningkat 5% dari minggu ke minggu.

Selain itu ada juga area yang tetap menjadi favorit dari masa ke masa, yaitu Dunia Fantasi Ancol yang bisa jadi pilihan jika ingin pergi ke tempat rekreasi terbesar di Indonesia ini. Pengantaran ke area-area ini meningkat sampai 17% dibanding waktu-waktu sebelumnya.

4. Silaturahmi ke rumah sanak famili

Mengunjungi orang tua, keluarga dan teman dekat juga menjadi salah satu kegiatan favorit yang tidak pernah dilewatkan menjelang akhir tahun. Bertemu keluarga menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan karena kita bisa turut memastikan bahwa orang yang akan kita temui ini telah menjalani vaksinasi secara lengkap.

Tinggalkan Balasan