Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Kolaborasi Dua Perusahaan Teknologi Ini Ciptakan Alat Pendeteksi K3 di Indonesia

Alwy Herfian Satriatama, Co-founder Widya Group dan CEO Widya Robotics (kiri). (Istimewa)

Topcareer.id – Merespon laporan kecelakaan kerja di Indonesia khususnya bidang konstruksi, Huawei Indonesia dan Widya Robotics melakukan pengembangan alat yang dapat mendeteksi kelengkapan alat perlindungan diri.

Dalam acara seminar dan lokakarya dengan tema Artificial Intelligence for Health, Safety and Environment Surveillance, Widya Robotics dan Huawei Indonesia memperkenalkan teknologi terkini yang dapat mentransformasi industri konstruksi, pertambangan dan manufaktur di masa depan.

Teknologi ini dinamakan Intelligent Gate. Intelligent Gate merupakan sebuah sistem palang pintu otomatis yang dilengkapi dengan teknologi AI. Intelligent Gate dapat mendeteksi orang, wajah, masker, dan kelengkapan APD.

Intelligent Gate ini diintegrasikan dengan HiLens dari Huawei, sebuah single board computer yang mampu menjalankan inference AI untuk mendeteksi objek.

Inference yang dijalankan berupa video yang diakses melalui stream dari kamera bawaan HiLens dan diproses pada perangkat HiLens yang bertenagakan perangkat komputasi Ascend dari Huawei. Hasil pemrosesan dari deteksi objek APD yang valid akan men-trigger palang pintu untuk terbuka secara otomatis.

“Cloud dan AI akan menjadi alat terbaik untuk berinovasi. HUAWEI CLOUD bertujuan untuk menggunakan ‘Semuanya dalam Satu Layanan’ untuk mendukung inovasi berkelanjutan mitra kami,” kata Presiden Huawei Indonesia, Jason Zhang dikutip dari siaran pers yang diterima Topcareer.id, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Ini Tren Belanja Masyarakat Indonesia Jelang Nataru

Huawei Cloud menyambut para pelanggan dan mitra kerjanya untuk menggunakan Huawei Cloud, AI, IoT, dan kemampuan sinergi perangkat-cloud untuk dengan cepat mengembangkan lebih banyak solusi inovasi untuk industri dan membangun fondasi untuk Indonesia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas.

Sementara Alwy Herfian Satriatama, Co-founder Widya Group dan CEO Widya Robotics, mengatakan, Widya Robotics merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Artificial Intelligence, Automation dan Robotika.

“Kami telah memiliki sebuah teknologi baru di bidang konstruksi yang dapat membantu bisnis-bisnis konstruksi di Indonesia. Selama kurang lebih enam bulan terakhir Widya Robotics telah bekerja sama dengan Huawei. Widya Robotics masih berusia kurang lebih 3 tahun tapi telah berkolaborasi dengan Huawei, tentu ini merupakan loncatan yang besar,” jelas Alwy.

Kehadiran Intelligent Gate ini diharapkan menjadi simbol transformasi K3 dan menekan angka kecelakaan kerja di Indonesia.

Tinggalkan Balasan