Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

10 Cara Bikin Karyawan Bahagia Meski Bukan Naik Gaji (Bagian 2)

Topcareer.id – Kenaikan gaji atau uang memang membuat karyawan tersenyum. Tapi, itu bukan satu-satunya cara membuat karyawan tetap ceria. Ada banyak penawaran benefit yang bisa diajukan, misal keseimbangan kehidupan kerja, yang bisa meningkatkan semangat karyawan.

Meski bukan naik gaji, berikut ini ada 10 cara untuk membuat tim tetap bahagia yang bisa membantu meningkatkan semangat karyawan, seperti dilansir dari laman Business News Daily.

6. Buat jenjang karier

“Sangat penting bagi bisnis untuk mengadakan diskusi perencanaan karier secara teratur dengan karyawan mereka. Sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan, pastikan karyawan mengetahui berbagai jenis jalur karier atau peluang kerja di seluruh perusahaan,” kata Maria Kraimer, profesor bisnis di University of Iowa.

7. Mempromosikan lingkungan kerja yang positif

Jakki Liberman, presiden Bumkins menyampaikan, karyawan yang bahagia membuat perusahaan bahagia. “Di dalam kantor, kami akan secara terbuka mengakui pencapaian, menyediakan makan siang kelompok, memesan tempat parkir utama, atau mengubah jabatan,” ujarnya.

“Kami juga akan membantu karyawan untuk tumbuh dan berkembang, baik dengan mengambil alih tanggung jawab atau tantangan baru yang diinginkan, mengikuti kursus untuk mempelajari keterampilan baru, atau memperluas pengetahuan tentang perusahaan dengan melakukan perjalanan bisnis.”

8. Membangun karyawan

Menurut Zachary Watson, CEO di HoneyCo, jika ingin mempertahankan karyawan dengan memberinya kenaikan gaji, itu sudah terlambat. Temukan orang yang berbagi nilai operasional organisasimu sejak awal, uji kecocokan lebih awal, dan izinkan peluang pertumbuhan untuk mengekspresikan nilai itu.

Baca juga: 5 Aturan Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Pacaran Dengan Rekan Kerja

“Kami fanatik tentang inisiatif dan dampak konstruktif. Anggota tim kami secara konsisten dihargai dengan proyek bernilai lebih tinggi setelah inisiatif konstruktif.”

9. Selalu ucapkan ‘terima kasih’

“Dalam pengalaman saya, karyawan jarang menjadi tidak bahagia atau resign hanya karena uang. Ketika mereka kecewa, biasanya karena mereka tidak menyukai bos mereka, tidak terlibat atau merasa seperti mereka telah berhenti belajar,” kata Gary Beasley, salah satu pendiri dan CEO Roofstock.

Memiliki budaya positif dan lingkungan tempat kerja sangat membantu, karena mendorong kerja tim dan komunikasi, yang meningkatkan keterlibatan dan peluang bagi rekan satu tim untuk belajar dari satu sama lain.

Pujian ini tidak dikenakan biaya apa pun tetapi memberikan pengakuan publik yang penting untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, secara efektif memberikan kompensasi kepada orang-orang dalam bentuk mata uang sosial, yang sangat dihargai.”

10. Sering-seringlah mengenali dan memberi penghargaan kepada karyawan

“Frekuensi hadiah lebih penting daripada ukuran. Umpan balik bisnis menunjukkan bahwa umpan balik dan penghargaan positif yang lebih kecil dan sering akan membuat orang bahagia lebih lama daripada satu acara bahagia besar yang jarang terjadi,” sebut Ron Friedman, penulis The Best Place to Work.**(Feb)

Tinggalkan Balasan