Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini 3 Masker yang Baik Digunakan untuk Cegah Omicron

Pakai Masker (Foto: i-Stock)

Topcareer.id – Dengan varian Omicron yang meyebar dan diklaim memiliki penularan yang lebuh cepat, masker sudah pasti jadi senjata utama untuk melawannya. Apakah ini saatnya update material masker, untuk pencegahan penularan yang maksimal?

Para ahli mengatakan, ketika Omicron menyebar, inilah saatnya untuk meningkatkan masker ke N95 atau respirator filtrasi tinggi serupa saat kamu berada di ruang publik dalam ruangan.

Omicron jauh lebih menular daripada varian virus corona yang telah ada sebelumnya. Menyebar setidaknya tiga kali lebih cepat dari delta. Rata-rata satu orang menginfeksi setidaknya tiga orang lainnya sekaligus, berdasarkan data dari negara lain.

Menurut Abraar Karan, seorang dokter penyakit menular di Universitas Stanford, tidak seperti masker kain, respirator N95, KN95 dan KF94 semuanya terbuat dari bahan dengan muatan elektrostatik yang sebenarnya menarik partikel-partikel ini saat mereka mengambang dan mencegahmu menghirup partikel-partikel itu.

“Dan itu benar-benar kuncinya, karena jika kamu tidak menghirup partikel virus, mereka tidak dapat berkembang biak di saluran pernapasanmu,” kata Karan, dikutip dari laman NPR Amerika Serikat.

Bahan dalam masker bedah juga memiliki muatan elektrostatis. Tapi masker bedah cenderung longgar, dan pas – tanpa celah di sekitar hidung, pipi atau dagu.

Baca juga: CDC Pangkas Waktu Isolasi Orang Tanpa Gejala COVID-19 Jadi 5 Hari

KN95 cenderung sedikit lebih nyaman daripada N95, tetapi produk palsu terus menjadi masalah. Namun, masker bedah lebih murah daripada respirator. Dan jika biaya merupakan faktor bagi, setidaknya pertimbangkan untuk menambahkan masker bedah dengan masker kain untuk memastikan kecocokan yang lebih pas.

1. Respirator N95

Masker ini, yang digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan, sangat pas dengan wajah, dengan segel logam yang dapat disesuaikan di bagian depan.

Mereka sangat efisien dalam penyaringan udara, menyaring sekitar 95% partikel di udara. Institut Nasional untuk Keselamatan & Kesehatan Kerja (NIOSH) membagikan daftar merek dan model yang disetujui — tetapi jangan beli sendiri dulu.

“CDC masih merekomendasikan bahwa N95 diprioritaskan untuk petugas kesehatan, karena pasokannya terbatas sejak awal pandemi,” kata Dr. Gordon. “Jadi jika Anda tidak bekerja di tempat perawatan kesehatan, yang terbaik adalah meninggalkan masker ini untuk mereka yang melakukannya.”

2. Respirator KN95

Masker ini juga dirancang agar pas dengan wajah, membentuk tenda kecil di atas mulut dan hidung yang membuatnya mudah bernapas saat kamu memakainya.

Mereka juga menyaring sekitar 95% partikel di udara, tetapi tidak diatur oleh NIOSH; sebaliknya, mereka diatur oleh pemerintah China.

3. Respirator KF94

KF94 mirip dengan KN95 dalam tampilan dan kecocokan, menyaring sekitar 94% partikel di udara. Mereka diatur oleh pemerintah Korea.

Tinggalkan Balasan