Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19Lifestyle

Cukupkah Masker Kain untuk Mencegah Penularan Omicron?

Topcareer.id – Mungkin kamu kini memiliki beberapa masker wajah karena kita belajar banyak selama 2 tahun pandemi ini, termasuk juga stok masker kain. Tapi, dengan adanya varian omicron, kamu mungkin bertanya, apakah masker kain efektif mencegah penularan varian ini?

Pakar penyakit menular Steven Gordon menyampaikan, masker kain, yang sering terbuat dari bahan seperti kapas, tidak banyak melindungimu dari menghirup partikel pembawa virus — dan dengan virus yang menular seperti omicron, itu menjadi masalah.

“Pada dasarnya, interaksi yang sebelumnya tidak mengakibatkan infeksi sekarang membuat orang sakit,” kata Dr. Gordon, dikutip dari laman Cleveland Clinic.

“Para peneliti masih menunjukkan dengan tepat berapa banyak omicron yang lebih menular daripada pendahulunya, tetapi pada titik ini, jelas bahwa omicron memang lebih menular – yang berarti kita semua perlu mengambil tindakan pencegahan tambahan.”

Itu termasuk mempraktikkan kebersihan masker dan melanjutkan jarak sosial. Ini juga bisa berarti memikirkan kembali masker wajahmu.

“Benar, masker kain bisa menjadi sedikit OK untuk filter yang layak. Tetapi dengan sesuatu yang sangat menular seperti omicron, hanya ‘OK’ tidak cukup baik,” kata Linsey Marr, seorang peneliti di Virginia Tech yang mempelajari bagaimana virus menular di udara, dikutip dari laman NPR AS.

Baca juga: Tips Isi Liburan Sekolah Anak Di Masa Pandemi Menurut Psikolog UGM

Marr mencatat bahwa data awal dari para ilmuwan di Universitas Hong Kong telah menunjukkan bahwa omicron berkembang biak 70 kali lebih cepat di dalam jaringan saluran pernapasan manusia daripada varian delta.

Studi itu juga menemukan bahwa omicron mencapai tingkat yang lebih tinggi di jaringan saluran pernapasan 48 jam setelah infeksi, dibandingkan dengan delta.

“Itu akan menunjukkan kepada saya bahwa mungkin itu mencapai tingkat yang lebih tinggi dan kemudian kita memuntahkan lebih banyak [partikel virus] jika kita terinfeksi,” kata Marr.

Dan meskipun terlalu dini untuk mengatakannya, dia mengatakan bahwa omicron sangat bagus dalam menginfeksi kita, kita hanya perlu menghirup lebih sedikit partikel virus omicron untuk terinfeksi.

Untuk memberi dirimu kesempatan terbaik melawan omicron, tingkatkan masker kainmu dan sebagai gantinya pilih masker dengan filtrasi tinggi yang pas dengan wajah.

“Kamu benar-benar ingin memastikan bahwa kamu membuat segel di sekitar hidung dan mulutmu, yang akan membuatmu tetap aman,” kata Dr. Gordon.

Tinggalkan Balasan