Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Terbaik Mencapai Tujuan Karier di 2022 Menurut Psikolog (Bagian 2)

Ilustrasi Copywriter. (dok. careerprofiles)

Topcareer.id – Tahun baru, saatnya untuk refleksi dan merencanakan tahun depan, termasuk target professional dalam karier. Saat kita memasuki tahun ketiga pekerjaan yang banyak berubah karena pandemi, banyak pekerja akan mempertimbangkan bagaimana mereka bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Ada banyak peluang besar bagi individu yang ingin mengejar tujuan karir baru di Tahun Baru,” kata Anthony Klotz, seorang profesor di Texas A&M University, dikutip dari laman CNBC Make It.

Namun, seringkali, mendefinisikan tujuan dan berpegang teguh pada tujuan itu tidak mudah. Beberapa psikolog dalam laman CNBC Make It membeberkan tips terbaik untuk memahami tujuan dan tetap di jalur karier terbaik di tahun mendatang.

Cari tahu strategi

Selanjutnya, kerjakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, apakah itu terkait dengan perusahaanmu saat ini atau di tempat lain.

Dengan banyak organisasi yang mencoba mengakomodasi karyawan mereka dengan lebih baik di tengah Pengunduran Diri Hebat, manajermu mungkin lebih bersedia membantu mencapai tujuanmu, kata psikolog organisasi Klotz. Faktanya, banyak pengusaha ingin “menghargai” karyawan yang loyal, katanya.

“Selalu baik untuk melakukan percakapan [dengan atasanmu saat ini] dan berkata: ‘Dapatkah saya mengubah pekerjaan yang saya miliki menjadi pekerjaan yang saya inginkan?’” katanya.

Baca juga: Tipe-Tipe Karyawan Yang Berisiko Dipecat (Bagian 1)

Namun, jika tujuan kariermu jauh dari perusahaanmu saat ini, cobalah berbicara dengan orang lain di bidang yang kamu pilih untuk membantu mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi target.

Tahu kapan harus mengatakan tidak

Selain menentukan tujuan, penting juga untuk mengetahui kapan harus mengatakan tidak, menurut Vanessa Bohns, seorang psikolog sosial dan profesor perilaku organisasi di Cornell University.

Satu hal yang “menggagalkan” banyak orang dari tujuan mereka adalah keengganan mereka untuk menolak permintaan eksternal. Tetapi jika permintaan seperti itu “periferal” untuk tujuan utamamu, itu pada akhirnya dapat menjadi pengalih perhatian, kata Bohns, penulis “You Have More Influence Than You Think.”

“Lebih berhati-hati tentang hal-hal yang kamu setujui. Setiap kali kamu menyetujui sesuatu, kamu harus meluangkan waktu untuk hal lain, jadi kamu ingin mempertimbangkan keputusanmu dengan hati-hati.”

Bukan berarti mengatakan tidak untuk semua permintaan eksternal. Itu sering tidak mungkin atau tidak dianjurkan, kata profesor. Sebaliknya, kamu harus berpikir dengan hati-hati tentang bagaimana permintaan tersebut sesuai dengan tujuanmu dan meluangkan waktu untuk memberikan tanggapan.

Tinggalkan Balasan