Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Terbaik Mencapai Tujuan Karier di 2022 Menurut Psikolog (Bagian 1)

Ilustrasi CV. Dok/Livecareer

Topcareer.id – Tahun baru, saatnya untuk refleksi dan merencanakan tahun depan, termasuk target professional dalam karier. Saat kita memasuki tahun ketiga pekerjaan yang banyak berubah karena pandemi, banyak pekerja akan mempertimbangkan bagaimana mereka bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Ada banyak peluang besar bagi individu yang ingin mengejar tujuan karir baru di Tahun Baru,” kata Anthony Klotz, seorang profesor di Texas A&M University, dikutip dari laman CNBC Make It.

Namun, seringkali, mendefinisikan tujuan dan berpegang teguh pada tujuan itu tidak mudah. Beberapa psikolog dalam laman CNBC Make It membeberkan tips terbaik untuk memahami tujuan dan tetap di jalur karier terbaik di tahun mendatang.

Tentukan tujuanmu

Ini mungkin tampak jelas, tetapi langkah pertama untuk mencapai tujuan karir adalah mencari tahu apa itu sebenarnya.

“Bagi banyak orang, itu bukan tujuan; mereka samar-samar memikirkan arah karier,” kata Dan Ariely, profesor psikologi dan ekonomi perilaku di Duke University.

Sasaran harus “konkret dan spesifik,” karena ini membuatnya lebih mudah untuk dikenali dan dipantau. Contoh tersebut mungkin termasuk target nyata seperti mengambil proyek baru, mendapatkan kenaikan gaji atau menemukan mentor.

Baca juga: 4 Cara Mendukung Pertumbuhan Karier Kamu

“Setelah Anda menetapkan tujuan konkret, Anda [kemudian] dapat mengetahui langkah-langkah menuju mereka,” kata Ariely, penulis “Nudge: Improving Decisions About Health, Wealth and Happiness.”

Jadikan tujuanmu itu mudah diatur

Ketika kamu telah mengikat tujuanmu, langkah selanjutnya adalah memastikan mereka dapat dicapai dalam jangka waktu yang jelas — satu tahun, misalnya.

“Kuncinya adalah memastikan mereka dapat dicapai, realistis, apa yang sebenarnya kamu inginkan – bukan apa yang orang ingin kamu katakan – dan memungkinkan margin kesalahan,” kata Melissa Doman, seorang psikolog organisasi.

Terlalu sering, orang menetapkan tujuan besar yang biasanya membutuhkan beberapa fase karir untuk dicapai. Sebaliknya, kata Doman, mereka harus merampingkan tujuan mereka agar dapat dicapai dalam waktu satu tahun.

Akuntable

Terakhir, untuk tetap berada di puncak tujuan sepanjang tahun, temukan cara untuk membuat dirimu bertanggung jawab. Itu bisa berarti menemukan mitra akuntabilitas atau jaringan untuk berbagi perjalananmu — termasuk keberhasilan dan tantangannya. Atau, itu bisa berarti membuat pengingat visual untuk tetap mengingat tujuanmu, kata Doman.

“Akuntabilitas pribadi bisa menyakitkan, tetapi ini adalah cara penting untuk tetap berada di jalur yang benar. [Ada] keseimbangan menemukan kapan boleh bersikap lunak pada diri sendiri dan kapan tidak,” kata Doman.

Tinggalkan Balasan