Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Tips Menjaga Keamanan Siber saat Kerja dari Rumah (Bagian 1)

Dok/Cloud Computing Indonesia

Topcareer.id – Seiring dengan kebebasan dan fleksibilitas bekerja dari rumah selama pandemi ini, muncul risiko masalah keamanan siber yang terjadi di luar jaringan perusahaan yang dilindungi.

“Memastikan bahwa dokumen dan file sensitif tetap rahasia jelas merupakan masalah yang harus ditangani oleh karyawan jarak jauh sejak awal,” kata Brian Stark, manajer umum North America di smanos, perusahaan sistem keamanan rumah pintar.

Melansir laman Business News Daily, berikut langkah yang dapat diambil karyawan untuk melindungi diri mereka sendiri – dan perusahaan mereka – saat bekerja dari rumah.

1. Menerapkan multifactor authentication

Apakah laptop yang dikeluarkan perusahaan memerlukan otentikasi multifaktor? Otentikasi multifaktor memberikan akses ke perangkat dan semua perangkat lunak setelah karyawan memberikan lebih dari satu bentuk identifikasi.

Siapapun dapat mengingat kata sandi atau mencuri perangkat fisik dan membuka kunci komputer. Otentikasi multifaktor dapat mencegah peretas mengakses perangkat perusahaan secara fisik. Jika laptop perusahaan saat ini tidak mengaktifkan autentikasi multifaktor, tanyakan kepada atasan tentang penerapannya.

Baca juga: Bingung Pilih Karier Yang Cocok Buat Kamu? Ikut Tes Gratis Ini

2. Gunakan kata sandi yang kuat

Perangkat fisik bukan satu-satunya perhatianmu. Jika seorang peretas mencoba mengakses akun sensitif apapun, kamu harus mempersulit mereka untuk masuk. Menggunakan pengelola kata sandi adalah tindakan pencegahan yang baik, karena memastikan kamu hanya menggunakan kata sandi yang kuat, seperti kata sandi dengan karakter khusus, angka, huruf besar dan kecil, dll.

3. Enkripsi pesan

Enkripsi data membantu melindungi informasi sensitif dengan menerjemahkannya ke dalam kode yang hanya dapat diakses oleh orang-orang di dalam perusahaanmu melalui kunci rahasia atau kata sandi. Bahkan jika scammers mencegat datamu, mereka tidak akan dapat menafsirkannya dengan benar. Ini berlaku untuk pesan atau informasi apapun yang kamu kirim, terima, atau simpan di perangkatmu.

4. Gunakan software antivirus yang bagus

Perusahaanmu mungkin menyediakan aplikasi yang direkomendasikan untuk perangkat yang dikeluarkan perusahaan, tetapi jika kamu menggunakan laptop pribadi untuk bekerja, kamu harus menjaga sistem tetap terlindungi.

“Karena banyak penyedia internet (menawarkan) software antivirus gratis, kami menyarankan agar karyawan kami menggunakannya di laptop pribadi mereka,” kata Venu Gooty, pendiri MyBusinessGenie, penyedia solusi perangkat lunak bisnis kecil.**(Feb)

Tinggalkan Balasan