Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Tips Menjaga Keamanan Siber Saat Kerja dari Rumah (Bagian 2)

Dok/Unpri.org

Topcareer.id – Seiring dengan kebebasan dan fleksibilitas bekerja dari rumah selama pandemi ini, muncul risiko masalah keamanan siber yang terjadi di luar jaringan perusahaan yang dilindungi.

“Memastikan bahwa dokumen dan file sensitif tetap rahasia jelas merupakan masalah yang harus ditangani oleh karyawan jarak jauh sejak awal,” kata Brian Stark, manajer umum North America di smanos, perusahaan sistem keamanan rumah pintar.

Melansir laman Business News Daily, berikut langkah yang dapat diambil karyawan untuk melindungi diri mereka sendiri – dan perusahaan mereka – saat bekerja dari rumah.

5. Jangan izinkan anggota keluarga menggunakan perangkat kerjamu

Gavin Silver, direktur operasi di Blue Fountain Media, mengingatkan pekerja jarak jauh bahwa komputer yang mereka gunakan untuk bekerja hanya untuk penggunaan karyawan – bukan komputer keluarga.

“Perlakukan laptop, perangkat seluler, dan data sensitif yang dikeluarkan pekerjaanmu seolah-olah kamu sedang duduk di lokasi kantor fisik. Ini akan membantumu terus-menerus mengaitkan tindakanmu dengan mentalitas yang mengutamakan keamanan dan sadar data,” tambah Hay.

Baca juga: Tipe-Tipe Karyawan Yang Berisiko Dipecat (Bagian 1)

6. Jaga keamanan ruang kerja fisik

Meskipun keamanan virtual penting, sama pentingnya untuk memastikan bahwa kantor pusatmu aman secara fisik, kata Stark.

“Kantor rumah sering kali berisi peralatan mahal atau bahkan file fisik atau dokumen yang berisi informasi sensitif, jadi sangat penting untuk mengeksplorasi opsi keamanan,” kata Stark kepada Business News Daily.

7. Ikuti kebijakan perusahaan

Perusahaanmu kemungkinan memiliki kebijakan yang jelas untuk mengakses jaringan perusahaan di luar kantor. Menurut Silver, pedoman dan aturan tersebut harus selalu diikuti, tetapi ini sangat penting ketika kamu bekerja dari jarak jauh.

“Laporkan setiap perilaku mencurigakan ke IT segera dan ikuti standar dasar ‘computer hygiener’ seperti sistem operasi terbaru, antivirus/malware, dan pemindaian reguler,” tambah Silver.

8. Gunakan solusi penyimpanan terpusat yang disetujui perusahaan

Mematuhi kebijakan perusahaan juga termasuk menggunakan program yang ditentukan yang diinginkan perusahaan untuk digunakan, bahkan jika kamu lebih suka program yang berbeda.

“(Ini) menetapkan standar yang ditetapkan, yang jauh lebih mudah bagi petugas IT untuk mendukung dari jarak jauh di lapangan.”

Ini menjadi sangat penting saat kamu menyimpan dan mencadangkan file. Kamu harus menyimpan semua data kerja di lokasi aman yang disetujui dan dapat diakses oleh perusahaan, seperti opsi penyimpanan berbasis cloud.**(Feb)

Tinggalkan Balasan