Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 25, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Apa Iya Berkeringat Berarti Membakar Kalori? Ini Jawaban Ahli

Topcareer.id – Wajar kamu akan berkeringat ketika melakukan sesi olahraga yang melelahkan. Apakah mengeluarkan semua keringat itu berarti banyak kalori yang terbakar? Apakah berkeringat benar-benar membakar kalori?

Apa yang menyebabkan berkeringat?

Tubuh berkeringat bukan untuk membakar kalori tetapi untuk melindungimu dari kepanasan. “Berkeringat adalah cara kita mendinginkan tubuh selama berolahraga atau stres panas lainnya,” kata Thad E. Wilson, PhD, seorang profesor di departemen fisiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Kentucky, dalam laman Health. (Penelitiannya berfokus pada kelenjar keringat dan aliran darah kulit.)

Mungkin sulit dipercaya—terutama ketika kamu sedang melakukan latihan HIIT—tetapi, kata Wilson, olahraga itu sendiri tidak merangsang keluarnya keringat. Sebaliknya, olahraga memicu peningkatan suhu internal, yang pada akhirnya memberi tahu tubuh bahwa sudah waktunya berkeringat untuk mendinginkan diri.

Lebih banyak keringat tidak berarti lebih banyak kalori yang terbakar

Pada dasarnya, berkeringat sendiri tidak mempengaruhi berapa banyak kalori yang terbakar. Benar, dibutuhkan energi untuk secara fisik mengangkut ion yang memungkinkan air bergerak ke kelenjar untuk disekresikan sebagai keringat, kata Wilson, tetapi tidak banyak.

Baca juga: Sinar Matahari Bisa Mendukung Kesehatan Fisik Dan Mental

Dengan kata lain, sejumlah energi dibutuhkan dalam proses berkeringat, tetapi tidak cukup untuk membuat perbedaan besar dalam perasaan atau berat badanmu.

Spesialis olahraga Gabbi Berkow, pelatih pribadi bersertifikat yang memiliki gelar MA dalam fisiologi olahraga mengatakan, keringat hanyalah indikasi bahwa tubuhmu kehilangan air, bukan lemak tubuh.

Aktivitas fisik pada umumnya membakar kalori. Wilson menambahkan, semakin intens kamu menggunakan kelompok otot besar, semakin banyak kalori yang akan digunakan tubuhmu — dan semakin banyak panas (dan keringat) yang dihasilkan tubuh.

Pembakaran kalori ini paling signifikan selama latihan aerobik versus latihan beban. Tetapi jika kamu melakukan latihan beban atau interval dan beristirahat di antara set, kamu mungkin merasa bahwa kamu harus melepaskan handuk lebih sedikit.

“Itu tidak berarti kamu tidak berolahraga dengan baik, membakar kalori, atau membangun kekuatan—itu hanya berarti suhu tubuhmu tidak naik sebanyak itu,” kata Berkow.**(Feb)

Tinggalkan Balasan