Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bill Gates: 2-3 Tahun Ke Depan, Metaverse Bakal Gantikan Kantor

Metaverse. Dok/Arstechnica

Topcareer.id – Bill Gates merenungkan masa depan dunia kerja yang lebih digital. Ia membuat prediksi tentang masa depan pekerjaan dan bagaimana hal itu dapat diubah oleh munculnya metaverse.

Metaverse merupakan dunia virtual yang dibangun oleh perusahaan teknologi seperti Meta dan Microsoft di mana pengguna dapat bekerja, bermain, dan bersosialisasi.

Pandemi Covid-19, menurut Gates, telah “merevolusi” tempat kerja, dengan lebih banyak perusahaan menawarkan fleksibilitas bagi karyawan yang ingin bekerja dari jarak jauh.

“Perubahan itu hanya akan meningkat di tahun-tahun mendatang,” tulis Gates, dan dia yakin kerja jarak jauh akan menarik lebih banyak orang ke metaverse.

“Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan bahwa sebagian besar pertemuan virtual akan bertransisi dari grid gambar kamera 2D… ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital,” tulis Gates dalam sebuah posting blog.

Dalam metaverse, kamu akan memiliki avatar 3D yang dapat menghadiri rapat di ruang kantor virtual atau lokasi lain dan berinteraksi dengan avatar rekan kerja.

“Idenya adalah Anda pada akhirnya akan menggunakan avatar Anda untuk bertemu dengan orang-orang di ruang virtual yang mensimulasikan perasaan berada di ruang fisik bersama mereka,” tambah Gates. Namun, Gates mengatakan bahwa pengguna harus memakai headset atau kacamata virtual reality untuk melakukannya.

Sekarang Microsoft berkolaborasi dengan Mark Zuckerberg dan Meta untuk membuat jejaring sosial Workplace terbaru untuk bisnis yang kompatibel dengan Microsoft Teams di metaverse.

Baca juga: Ini Daftar Pekerjaan yang Paling Dicari di Industri Metaverse

Tentu saja, Gates mengakui bahwa visinya untuk tempat kerja virtual di metaverse akan membutuhkan waktu dan kemauan pengguna serta pemberi kerja mereka.

Gates mengakui bahwa untuk secara akurat menangkap ekspresi, bahasa tubuh, dan kualitas suara, orang akan membutuhkan perangkat teknologi mahal seperti headset VR dan bahkan mungkin sarung tangan dengan sensor penangkap gerakan dalam dunia metaverse.

“Masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan,” katanya, tetapi tidak akan lama sebelum metaverse membuat pekerjaan jarak jauh menjadi dekat.

Gates menyampaikan bahwa teknologi kini mulai benar-benar meniru pengalaman bekerja dalam dunia metaverse yang sama persis dengan aslinya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan