Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Wawancara Sukses? Belajarlah Mengatakan Hal Ini!

wawancara kerja dengan pertanyaan klasik jangan diabaikan.

Topcareer.id – Saat kamu bersiap untuk wawancara, cari tahu bagaimana kamu akan menggambarkan dirimu dan keterampilan kamu adalah kuncinya.

Beberapa kata sebaiknya dihindari dalam sebuah wawancara, bahkan jika itu tampak positif.

Ada beberapa kata yang terlalu sering digunakan dan klise, mungkin bisa meremehkan kemampuanmu. Ini karena manajer perekrutan mungkin telah mendengarnya ribuan kali sebelumnya.

Apa yang harus kamu katakan dalam wawancara kerja?
Jika kamu ingin menggunakan bahasa yang kuat dan positif dalam wawancara kerja, pernyataan tindakan tegas di bawah ini akan menunjukkan bahwa kamu mampu melakukan sesuatu untuk mencapai hasil yang luar biasa.

  • “Saya mengidentifikasi”
  • “Saya mengembangkan”
  • “Saya mengusulkan”
  • “Saya menerapkan”

Ungkapan tersebut sangat cocok ketika kamu perlu memberikan contoh keterampilan yang digunakan untuk mengatasi masalah.

Misalnya, menceritakan tentang saat kamu membantu rekan kerja atau menjelaskan situasi ketika kamu bisa menyelesaikan konflik.

Lambart merekomendasikan untuk memberikan contoh spesifik menggunakan metode STAR: Situation, Task, Actions, Result.

Dengan metode STAR ini, jawablah dengan singkat tetapi langsung menguraikan Situasi, mengidentifikasi tugas (Task) yang ingin kamu capai, menggambarkan tindakan (actions) kamu, dan menceritakan hasilnya (Result).

Misalnya, jika pertanyaannya adalah “Ceritakan tentang saat Anda menunjukkan keterampilan kepemimpinan,” jawaban sesuai metode STAR yang mungkin, adalah:

  • Situation
    “Tim saya baru-baru ini harus beradaptasi untuk bekerja dengan sistem baru. Itu adalah perubahan besar, terutama bagi individu yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis ini.”
  • Task
    “Saya perlu membawa semua orang ke sistem baru dengan cepat, karena kami memiliki periode penjualan yang sangat sibuk yang akan datang dan tidak dapat mengambil risiko memperlambat pengiriman ke pelanggan.”
  • Action
    “Perusahaan menyediakan tutorial video, tetapi saya mengambil langkah lebih jauh dan saya mengatur sesi pelatihan sehingga tim saya dapat berjalan melalui berbagai hal dan memiliki pertanyaan spesifik yang diselesaikan saat mereka pergi. Saya membuat sistem yang memungkinkan karyawan yang lebih percaya diri untuk mendukung orang lain, dan saya juga mengembangkan lembar pemecahan masalah.
  • Result
    Sebagai hasilnya, kami memasuki periode penjualan yang sibuk dengan seluruh tim percaya diri dalam menggunakan sistem, dan mengetahui ke mana harus mencari dukungan lebih lanjut jika diperlukan.

Metode ini memberikan bukti kepada panel wawancara tentang bagaimana kamu menunjukkan keterampilan kepemimpinan dengan menjelaskan secara rinci tindakan dan perilaku spesifik apa yang kamu tunjukkan.

Ini bisa memberi pewawancara kepastian bahwa kamu akan mampu menghadapi masalah di masa depan dengan cara kamu yang mereka harapkan.

Baca juga: 10 Pertanyaan yang Muncul saat Wawancara Kerja Tahap Dua

Mendapatkan kesempatan masuk tahap wawancara dalam pencarian pekerjaan adalah langkah yang menarik.

Memikirkan kata-kata yang akan kamu gunakan untuk menggambarkan dirimu sendiri dengan baik dan keterampilanmu akan meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Ketika kamu berbicara tentang kekuatanmu, ingatlah untuk mendukung klaim kamu dengan contoh bagaimana kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalani perusahaan.

Dengan persiapan dan latihan yang cermat, kamu akan bisa memberikan wawancara terbaikmu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan