Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Cara Tingkatkan Semangat Kerja Karyawan yang WFH (Bagian 1)

Gaya kerja baru, digital nomadGaya kerja baru, digital nomad (sumber: Forbes)

Topcareer.id – Kerja remote atau kerja dari rumah bisa sangat melelahkan, bahkan sulit dilakukan karena ratusan alasan. Hari kerja yang panjang dihabiskan di rumah dapat menyebabkan perasaan terisolasi atau meningkatkan stres di bawah tekanan tugas dan pekerjaan sehari-hari.

Hal-hal seperti itu bisa sebabkan penurunan tajam semangat kerja. Bagaimana bisnis, manajer, dan staf jarak jauh dapat bekerja untuk memelihara semangat tetap tinggi dan produktivitas lebih tinggi? Berikut tips membangun semangat kerja saat WFH atau kerja jarak jauh, dilansir dari laman Business.

1. Tetap terhubung

Cara paling sederhana namun efektif untuk meningkatkan semangat kerja saat WFH adalah dengan berkomunikasi dan check-in rutin antara staf dan manajer. Komunikasi yang baik adalah tambahan untuk meningkatkan semangat kerja karena secara langsung mempengaruhi perilaku dan kinerja staf.

Tetap terhubung menghilangkan risiko tidak menerima informasi yang memadai untuk menyelesaikan tugas. Selanjutnya, ini menghasilkan rasa akuntabilitas, yang memaksa karyawan untuk meningkatkan alur kerja mereka.

2. Bekerja menuju tujuan

Tugas yang monoton dan hasil yang tidak terukur sering kali menjadi dua penyebab di balik kurangnya semangat dan kemauan untuk bekerja dengan baik saat bekerja dari jarak jauh.

Sebaliknya, ketika tujuan bersama ditetapkan dan setiap anggota tim memahami peran yang harus mereka mainkan untuk mencapai tujuan, partisipasi aktif mereka memiliki nilai lebih. Rasa makna dan kontribusi ini membantu meningkatkan moral secara langsung.

Baca juga: Berapa Lama harus bertahan Kerja sebelum memutuskan Pindah? (Bagian 1)

3. Pengakuan adalah kuncinya

Tidak hanya karyawan menjadi sangat terlibat ketika program pengakuan formal diberlakukan, tetapi perusahaan juga menjadi lebih menarik bagi kandidat pilihan pertama. Manfaat dari pengakuan dapat memperkuat employee engagement.

Tujuh puluh delapan persen karyawan yang disurvei Gallup mengatakan bahwa menerima pengakuan memotivasi mereka untuk melakukan pekerjaan mereka.

4. Work hard, play hard

Prevalensi pekerjaan dari rumah membuat semakin penting untuk memanfaatkan “jam di luar jam kerja” kita sebaik-baiknya. Tanpa akhir pekan dan malam minggu yang bermakna, weekend mingle, waktu bisa tampak sulit untuk dipisahkan, yang mengarah pada penurunan semangat.

5. Meminta dan memberikan umpan balik

Meminta dan mendapatkan umpan balik karyawan adalah cara terbaik untuk meningkatkan semangat. Ini menunjukkan bahwa perusahaan mendengarkan dan mereka akan didengar. Namun, ini baru langkah pertama – tidak cukup hanya mengumpulkan umpan balik, perusahaan juga harus menindaklanjutinya.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan pentingnya umpan balik karyawan tidak dapat diremehkan dan bekerja dua arah.**(Feb)

Tinggalkan Balasan