Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Cara Tingkatkan Semangat Kerja Karyawan yang WFH (Bagian 2)

Sumber foto: thriveglobal.com

Topcareer.id – Kerja remote atau kerja dari rumah bisa sangat melelahkan, bahkan sulit dilakukan karena ratusan alasan. Hari kerja yang panjang dihabiskan di rumah dapat menyebabkan perasaan terisolasi atau meningkatkan stres di bawah tekanan tugas dan pekerjaan sehari-hari.

Hal-hal seperti itu bisa sebabkan penurunan tajam semangat kerja. Bagaimana bisnis, manajer, dan staf jarak jauh dapat bekerja untuk memelihara semangat tetap tinggi dan produktivitas lebih tinggi? Berikut tips membangun semangat kerja saat WFH atau kerja jarak jauh, dilansir dari laman Business.

6. Ambil istirahat yang bermakna dan berdampak

Sama seperti memanfaatkan waktu luang kita dengan baik dan produktif selama seminggu, termasuk akhir pekan dan malam hari, hari kerja kita harus dibagi untuk memberikan waktu bagi kegiatan yang bermakna. Beristirahat di siang hari adalah kunci untuk tetap produktif, fokus, dan bersemangat.

Studi menunjukkan pentingnya menjauh dari layar komputer selama istirahat makan siang dapat membantu mengisi kembali kapasitas mental kita ketika kita kembali.

7. Bergabunglah dengan kelompok pendukung virtual

Iklim pekerjaan online saat ini tidak meninggalkan kekurangan dukungan dari mereka yang bekerja dari rumah juga. Faktanya, dampak pandemi global telah memaksa 46,6% tenaga kerja Inggris untuk bekerja jarak jauh.

Ada dukungan yang dapat ditemukan secara online, melalui teman dan dalam organisasi. Jadwalkan pertemuan virtual atau check-in di forum online untuk mendapatkan saran, diskusi, dan menghilangkan kecemasan.

Baca juga: Kamu Dan Rekan Kerja Perlu Terapkan Daftar Aturan Ini Saat WFH (Bagian 1)

8. Jaga kesehatan tubuh

Merasa bugar versus lesu memiliki dampak langsung pada kemampuan kita untuk tetap bersemangat. Membangun semangat mungkin merupakan upaya mental, tetapi memperkuat tubuh kita adalah kunci untuk mengoptimalkan kesehatan mental seseorang.

Efek dari sarapan, makan siang, dan makan malam yang sehat, dikombinasikan dengan dosis olahraga yang baik – entah itu jalan kaki, joging atau peregangan sederhana di rumah – semuanya berkontribusi untuk membangun sistem kekebalan kita, memperkuat tubuh kita, dan meningkatkan semangat.

9. Mengkomunikasikan tujuan perusahaan

Sangat mudah untuk memutuskan dan kehilangan kontak dengan tujuan inti organisasimu di tengah pandemi dan perubahan drastis pada cara kita bekerja. Mengkomunikasikan tujuan perusahaan dan bekerja menuju tujuan bersama bersama-sama meningkatkan semangat dan memberdayakan budaya kerja jarak jauh.

10. Menawarkan kesempatan dan insentif pertumbuhan karyawan

Bekerja dari jarak jauh dapat memperburuk perasaan di antara karyawan bahwa karier mereka mandek dan bahwa peluang untuk tumbuh dan berkembang sangat langka. Untuk menjaga semangat tetap tinggi, perusahaan harus fokus untuk menciptakan peluang bagi karyawan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan mereka.

Berinvestasi dalam pengembangan karier tentu akan memberikan ROI yang tinggi bagi perusahaan, meningkatkan moral bagi individu yang mengarah pada berbagai efisiensi. Ini mungkin lebih benar bagi karyawan jarak jauh yang sangat mendambakan pertumbuhan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan