Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
SosokTren

Dua Dosen IPB Masuk Top 100 Ilmuwan Indonesia Bidang Bisnis dan Manajemen

IPB University masuk peringkat pertama di ASEAN untuk bidang ilmu pertanian dan kehutanan.IPB University. (dok. Radar Bogor)

Topcareer.id –Dua dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk sebagai Top 100 ilmuwan Indonesia dalam bidang bisnis dan manajemen. Kedua dosen tersebut masuk dalam daftar pemeringkatan dunia yang dikeluarkan oleh AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index).

Melansir laman resmi IPB, kedua dosen tersebut, yakni Prof. Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dan Dr Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Adapun basis penilaian dan pemeringkatan ilmuwan seperti yang dilansir dari laman AD Scientific Index adalah dilihat dari produktivitas dan efektivitas kerja peneliti dalam lima tahun terakhir. Sejumlah indikator yang disajikan dalam dalam pemeringkatan ini di antaranya adalah h-index, i10 index, dan sitasi.

Dua dosen IPB yang masuk Top 100 Scientist 2022.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh AD Scientific Index tentang Top 100 Scientists 2022 diketahui bahwa Prof Ujang Sumarwan memiliki H-index: 21 dengan I10: index: 46 dan sitasi: 6871. Sementara Dr Mukhamad Najib memiliki H-index: 19 dengan I10 index: 43 dan sitasi: 1647.

Capaian nilai tersebut telah menempatkan Prof Ujang dan Dr Najib dalam urutan ke 39 dan 58 dari Top 100 Ilmuwan bidang Bisnis dan Manajemen di Indonesia tahun 2022.

Prof Ujang Sumarwan selama ini dikenal sebagai pakar marketing dengan pengalaman publikasi yang sangat banyak. Sejauh ini Prof Ujang telah menerbitkan banyak buku yang menjadi rujukan di berbagai kampus di Indonesia. Selain menulis buku dan publikasi di berbagai jurnal ilmiah, Prof Ujang juga aktif menulis di media masa baik koran maupun majalah.

Baca juga: Miliki Kekayaan USD96 Miliar, Ini Sosok Pengusaha Kripto Terkaya Di Dunia

Prof Ujang yang juga Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB University, saat ini dipercaya menjadi Presiden Asian Association of Consumer Interest and Marketing (AACIM).

Sementara Dr Mukhamad Najib memiliki keahlian di bidang strategic marketing dengan fokus riset dan publikasi pada topik pengembangan bisnis pangan organik dan usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

Mantan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University ini selain telah menerbitkan beberapa buku juga telah menulis di berbagai jurnal nasional maupun internasional mengenai topik UKM dan pangan organik. Saat ini Dr Najib aktif sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Canberra, Australia.

“Prinsipnya saya bersyukur karena karya-karya saya selama ini mendapat pengakuan baik di tingkat nasional maupun internasional. Namun yang lebih penting bagi saya, perangkingan ini dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan introspeksi diri,” kata Prof. Ujang dalam keterangannya, dikutip Kamis (20/1/2022).

Sementara Dr Najib mengungkapkan bahwa tugas sebagai dosen bukan hanya mengajar, tapi juga meneliti dan menulis publikasi. Karya ilmiah yang dipublikasikan, menurut Dr Najib, dapat menjadi referensi dan sumber pembelajaran bersama.

Oleh karena itu menurutnya, perangkingan yang dilakukan oleh AD Scientific Index ini dapat mendorong dosen-dosen di Indonesia untuk semakin produktif dalam menulis dan publikasi di jurnal yang bereputasi.

Leave a Reply