Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Panggilan Bagi Milenial untuk Kembangkan Startup EBT

Ilustrasi energi baru terbarukan (EBT). (dok. Kementerian ESDM)

Topcareer.id – Kementerian ESDM mendorong upaya pengembangan bisnis dari perusahaan rintisan (startup) yang menjadi salah satu inovasi terobosan dalam mempercepat pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

“Kami melihat potensinya sangat besar. Saya kira ini saatnya mengembangkan bisnis startup,” kata Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana, dikutip dari siaran persnya saat menghadiri [RE]Spark Indonesia 2022, Rabu (19/1/2022).

Selain potensi EBT yang menjanjikan, bisnis startup bisa dimulai dengan melirik pengembangan EBT dengan skala kecil. Ke depan, kata Dadan, hal ini akan menguat dan mendorong pemanfaatan energi bersih akan semakin baik.

Salah satu startup yang tengah didorong pemerintah adalah biogas. Kementerian ESDM bersama stakeholder terkait telah berhasil membangun sekitar 35.000 unit biogas rumah tangga.

“Sangat membantu para petani, selain memastikan peternakan sapinya lebih baik, meningkatkan pendapatan dan keberlanjutan pengusahaan,” tegas Dadan.

Selain biogas, startup yang punya potensi di masa depan adalah PLTS, smart grid dan kendaraan listrik. “Kita sudah berhasil 100 unit konversi motor BBM menjadi motor listrik. Ini bisa jadi contoh,” ujar Dadan.

Menurut Dadan, keberadaan startup diharapkan mampu menciptakan ekosistem bisnis EBT sehingga bisa menggerakkan roda perkonomian nasional di masa mendatang.

Baca juga: Menaker Sebut Masalah Serius Ini Jadi Penghambat Perempuan Di Dunia Kerja

“Peluang ini demikian besar dan ini saatnya. Seberapa kuat dari kita mendorong hal ini. Secara politik dan pendanaan sudah di-support,” ungkap Dadan.

[RE]Spark 2022 sendiri merupakan sebuah acara yang didesain khusus oleh New Energy Nexus Indonesia untuk mendukung tumbuh kembangnya ekosistem yang kondusif untuk pengembangan ide bisnis dan inovasi di bidang energi bersih di Indonesia.

“New Energy Nexus Indonesia, melalui program inkubasi, akselerasi, dan pendanaannya, ingin memberikan kesempatan bagi inovator, startup dan entrepreneur di bidang energi bersih di Indonesia untuk dapat mengembangkan ide bisnis, dan inovasinya,” kata Direktur Program New Energy Nexus Indonesia Diyanto Imam.

Rangkaian acara [RE]Spark 2022 ini terdiri dari Hackathon, Investment Speed Dating, Exhibition, Workshop. Untuk Hackathon, ajang kompetisi ini bertujuan membuka peluang untuk membangun startup di bidang energi bersih dan memfasilitasi peserta menemukan solusi dari berbagai permasalahan, seperti Energy Access, Decarbonization, Smart Mobility, Climate Fintech, dan Energy Efficiency.

Leave a Reply