Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja

angerFoto Ilustrasi orang marah (inzata.com?

Topcareer.id – Ketika kehidupan profesional menjadi semakin menuntut hingga membuat batas antara kehidupan pribadi dan pekerjaan semakin kabur, tidak heran jika banyak pekerja merasa kewalahan dan mudah marah.

Deadline hingga budaya kantor yang mungkin toxic serta hubungan dengan rekan kerja mungkin tegang bisa membuat emosi tak terkendali.

Emosi seperti kecemasan, stres, frustrasi, atau bahkan apatis adalah hal yang normal, selama tidak secara serius mengganggu kehidupan sehari-hari.

Cara kamu menanggapi tekanan inilah yang memainkan peranan penting dalam mengelola emosi di kantor.

Mulailah dengan menerima
Jika kamu merasa cemas, stres, atau bahkan marah, mudah untuk menilai diri sendiri atau merasa bahwa kamulah yang paling hancur.

Orang cenderung menyalahkan diri sendiri ketika tidak merasakan apa yang seharusnya dirasakan.

Tetapi belas kasih diri dan penerimaan perasaan kamu adalah langkah pertama yang baik dalam mengelola emosi yang sulit.

Langkah selanjutnya adalah berhenti sejenak dari situasi yang mungkin menyebabkan emosi tersebut.

Ketika kewalahan secara emosional, dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi sistem saraf untuk menjadi tenang.

Jadi penting untuk memberi dirimu waktu sejenak untuk membiarkan tubuh mengatur ulang sebelum kamu mengambil tindakan apa pun.

Membuat perubahan yang kamu inginkan
Memendam kebencian dapat meningkatkan kecemasan, jadi segera ambil tindakan untuk menyelesaikan masalah yang memicu respons emosional.

Orang lain mungkin tidak menyadari bahwa perilaku mereka adalah masalah, atau mereka mungkin berasumsi bahwa kamu akan menerimanya.

Pada akhirnya, semua adalah tanggung jawab kamu sendiri untuk mendorong perubahan yang kamu inginkan.

Tetapi perlu diingat, penting untuk membiarkan emosi kamu tenang dulu sebelum mengambil tindakan.

Gerakkan tubuh, baca buku yang bagus, tertawa bersama orang yang kamu cintai, cari apa pun yang menenangkan dan membuatmu bahagia.

Aktivitas ini bertindak sebagai pemutus arus karena merasa kewalahan dan dapat membantumu mengatur ulang keseimbanganmu.

Baca juga: Kecerdasan Emosi jadi Penilaian Penting di CPNS 2021

Wajar untuk mengalami berbagai emosi, terutama karena kehidupan kerja terus berkembang.

Kita semua adalah manusia biasa dan setiap emosi itu valid.

Emosi yang sulit seperti kecemasan atau kemarahan ada untuk memberi tahu kamu sesuatu, jadi perlakukan itu sebagai pengingat yang berharga untuk mengubah situasimu atau mengubah cara kamu memikirkannya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan