Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Setop Hamburkan Uang, Ini Alasan Kamu Harus Kontrol Pendapatanmu!

5-0016-apple-brainstorming-business-908288-60065e908ede482a9d5f4af3Ilustrasi literasi keuangan.

Topcareer.id – di tengah kondisi yang tak pasti akibat pandemi berkepanjangan, menghambur-hamburkan uang merupakan hal terbodoh yang bisa kamu lakukan.

Oleh karena itu, mulailah ambil kontrol terhadap pendapatan yang kamu miliki. Ini mungkin terdengar simple, namun ada banyak alasan mengapa kamu harus segera melakukannya, demi kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Berikut beberapa penjelasan yang perlu kamu tahu, seperti dikutip dari laman Forbes.

Kalau kamu tidak mengontrol pendapatanmu, maka kamu tidak akan bisa mengontrol goals kamu

Kita semua memiliki tujuan yang ingin kita capai, entah itu dalam hal karier, kehidupan pribadi, dan sebagainya.

Nah, suka atau tidak, sebagian besar tujuan itu akan membutuhkan uang. Contohlah kamu ingin keliling dunia, bagaimana itu bisa terjadi kalau keuangan kamu masih berantakan.

Di sinilah pentingnya mengontrol pendapatan kamu. Mulailah dengan menetapkan tujuan yang jelas terkait apa yang ingin kamu capai, lalu menentukan apa yang perlu kamu lakukan dengan penghasilanmu untuk mewujudkannya.

Ini akan menjadi langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti, dan membuatmu berkesempatan untuk segera mencapai goals kamu.

Baca juga: Terlalu Khawatir Soal Uang? Waspada Masalah Kesehatan Ini

Kamu tidak bisa menggantungkan goals kamu hanya pada gaji

Meski kamu memiliki janji akan adanya kenaikan gaji atau bonus tahunan, kamu tidak bisa serta merta menggantungkan semua goals kamu pada hal itu.

Ada berapa hal yang harus kamu pikirkan, mulai dari kebutuhan yang terus meningkat, hingga inflasi.

Sebagai gantinya, kamu mungkin bisa mulai mencari sambilan, sembari mengaktualisasi diri terkait profesi yang kamu jalani.

Dengan begitu, saat kamu mulai memiliki klien-klien di luar pekerjaanmu, kamu dapat menetapkan tarif berdasarkan nilai dari apa yang kamu berikan.

Dengan cara ini, selain nilai penghasilanmu meningkat, kamu juga bisa mendikte berapa banyak yang kamu hasilkan, daripada meminta orang lain mendiktekannya kepadamu.

Ya, kamu dapat meningkatkan penghasilanmu dengan segera, tanpa harus menunggu satu tahun lagi untuk evaluasi kenaikan gaji.

Mengontrol pendapatanmu adalah cara terbaik untuk mengontrol hutangmu

Ya. Hutang itu menjebak dan membuatmu merana. Jika kamu tak tahan dan ingin bisa lepas dari jebakan itu, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengontrol pendapatan yang kamu miliki.

Kamu tidak harus buru-buru mencari klien atau meningkatkan penghasilanmu seperti yang dijelaskan di poin dua.

Kamu bisa kok memulainya dengan mengatur berapa yang harus keluar untuk kehidupanmu, berapa yang harus ditabung, dan berapa yang harus kamu sisihkan untuk mencicil hutangmu.

Salah satu yang perlu kamu pastikan adalah keberadaan sikap disiplinmu terkait kepemilikanmu terhadap uang.

Jangan biarkan semuanya berantakan hanya karena kamu tak tahan melihat ada barang tak berguna yang sedang didiskon besar-besaran. Kontrol semuanya dengan baik.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan