Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Tips Aman Ngomongin Gaji Saat Interview Kerja

Promosi jabatanFoto Ilustrasi

Topcareer.id – Saat wawancara pekerjaan, satu hal yang dapat menjebak bahkan kandidat yang paling antusias sekalipun adalah mencari cara untuk mendiskusikan uang dalam wawancara kerja.

Wajar jika kamu ingin dibayar dengan adil untuk pekerjaanmu. Namun, mendiskusikan gaji secara terus terang dengan seseorang yang kamu harapkan memiliki hubungan kerja yang lama, dapat terasa menakutkan, kata Andres Lares, mitra pengelola di Shapiro Negotiations Institute.

Tetapi ada beberapa cara untuk mempersiapkan percakapan, apakah kamu ingin membicarakannya, untuk merasa lebih percaya diri. Melansir CNBC Make It, begini caranya.

Kapan harus memunculkan gaji dalam wawancara kerja

Penulis dan pelatih karier Octavia Goredema merekomendasikan untuk memeriksa laporan gaji industri, menggunakan database online, dan memanfaatkan jaringanmu untuk mencari tahu posisimu di pasar. Ada beberapa aliran pemikiran yang berbeda tentang kapan harus memunculkan gaji dalam wawancara kerja.

Lebih banyak perusahaan mulai menyatakan gaji mereka di muka, dalam hal ini kamu dapat mendiskusikan gaji di putaran pertama atau kedua. Jika kamu yakin dengan gaji yang kamu inginkan, dan kamu memiliki banyak wawancara yang menjanjikan, kamu dapat mengajukannya sejak awal untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, kata Goredema.

Baca juga: Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja: Larang Rapat 3 Hari Seminggu

Tapi sebagian besar, tunggu sampai tahap penawaran atau selama mungkin untuk membahas angka konkret, katanya. Inilah saat kamu memiliki pengaruh paling besar — kamu tahu HR benar-benar ingin mempekerjakanmu, dan mereka telah menghabiskan waktu dan uang untuk memeriksamu.

Bagaimana menjawab “Berapa ekspektasi gajimu?”

Para ahli umumnya mengatakan untuk menghindari menyatakan ekspektasi gajimu terlebih dahulu. Menyatakan angka yang terlalu rendah dan kamu dapat mempersingkat dirimu di masa depan. Sementara, menyatakan terlalu tinggi — tanpa wawancara tambahan untuk mendukung angka itu — dan HR mungkin beralih ke kandidat lain yang mengharapkan bayaran lebih rendah.

Sebagai gantinya, kamu dapat menjawab pertanyaan dengan mengirimkannya kembali ke HR, kata Lares. Bersikap baik dan ingin tahu: “Saya menghargai bahwa kompensasi adalah aspek penting dari pekerjaan, dan itu harus berhasil untuk kita berdua. Mengingat Anda adalah manajer perekrutan dalam peran ini, dan Anda adalah ahli tentang apa yang dapat ditawarkan perusahaan, saya ingin mendengar apa yang Anda pikirkan tentang kisaran gaji untuk posisi ini.”

Tinggalkan Balasan