Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

10 Opsi Profesi untuk Jurusan Ilmu Komputer (Bagian 1)

business-intelligence-tools-to-stay-competitiveBusiness Intelligence ilusrasi. (clicdata)

Topcareer.id – Mungkin kamu sangat tertarik dengan komputer sehingga kamu suka menguraikan kode, mempelajari bahasa baru hingga memecahkan masalah. Kamu bahkan penasaran hingga berujung pada mengotak-atik cara kerja komputer pada bagian dalamnya.

Jika seperti itu, ilmu komputer mungkin jadi pilihan karier ideal untukmu. Jurusan ilmu komputer harus mampu berpikir analitis untuk merancang sistem dan program, tetapi juga harus cukup berorientasi pada detail untuk memecahkan masalah. Berikut ini beberapa opsi profesi yang bisa kamu ambil jika memilih jurusan ilmu komputer.

1. Software developer

Software developer membuat program perangkat lunak (software) yang memungkinkan pengguna melakukan tugas tertentu di berbagai perangkat, seperti komputer atau perangkat seluler. Mereka bertanggung jawab atas seluruh pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak.

Pengembang perangkat lunak harus memiliki kreativitas teknis yang diperlukan untuk memecahkan masalah secara unik. Mereka harus fasih dalam bahasa komputer yang digunakan untuk menulis kode program.

2. Administrator database

Database administrator menganalisis dan mengevaluasi kebutuhan data pengguna. Mereka mengembangkan dan meningkatkan sumber daya data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi penting.

Mereka membutuhkan keterampilan pemecahan masalah dari jurusan ilmu komputer untuk memperbaiki setiap malfungsi dalam database dan memodifikasi sistem sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Catat! 5 Profesi Ini Yang Akan Selamat Dari Gempuran Robot AI

3. Insinyur hardware komputer

Insinyur perangkat keras (hardware) komputer bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan menguji komponen komputer, seperti ‘papan sirkuit,’ router, dan perangkat memori.

Insinyur perangkat keras komputer membutuhkan kombinasi kreativitas dan keahlian teknis. Mereka harus menjadi pembelajar yang rajin yang tetap mengikuti tren di lapangan untuk menciptakan ardware yang dapat mengakomodasi program dan aplikasi terbaru.

4. Analis sistem komputer

Analis sistem komputer menilai sistem organisasi komputer dan merekomendasikan perubahan pada perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.

Karena pekerjaan tersebut memerlukan komunikasi reguler dengan manajer dan karyawan, analis sistem komputer harus memiliki keterampilan interpersonal yang kuat. Analis sistem harus mampu meyakinkan staf dan manajemen untuk mengadopsi solusi teknologi yang memenuhi kebutuhan organisasi.

5. Arsitek jaringan komputer

Arsitek jaringan komputer merancang, menerapkan, dan memelihara jaringan dan sistem komunikasi data, termasuk jaringan area lokal, jaringan area luas, ekstranet, dan intranet. Mereka menilai kebutuhan organisasi untuk berbagi data dan komunikasi.

Arsitek jaringan komputer juga mengevaluasi produk dan layanan yang tersedia di pasar. Arsitek jaringan komputer menguji sistem sebelum diterapkan dan menyelesaikan masalah setelah penyiapan dilakukan.

Tinggalkan Balasan