Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

10 Opsi Profesi untuk Jurusan Ilmu Komputer (Bagian 2)

Sumber foto: spaceworks.comSumber foto: spaceworks.com

Topcareer.id – Mungkin kamu sangat tertarik dengan komputer sehingga kamu suka menguraikan kode, mempelajari bahasa baru hingga memecahkan masalah. Kamu bahkan penasaran hingga berujung pada mengotak-atik cara kerja komputer pada bagian dalamnya.

Jika seperti itu, ilmu komputer mungkin jadi pilihan karier ideal untukmu. Jurusan ilmu komputer harus mampu berpikir analitis untuk merancang sistem dan program, tetapi juga harus cukup berorientasi pada detail untuk memecahkan masalah. Berikut ini beberapa opsi profesi yang bisa kamu ambil jika memilih jurusan ilmu komputer.

6. Web developer

Web developer (pengembang web) menilai kebutuhan pengguna akan sumber daya berbasis informasi. Mereka membuat struktur teknis untuk situs web dan memastikan bahwa halaman web dapat diakses dan diunduh dengan mudah melalui berbagai browser dan interface.

Web developer menyusun situs untuk memaksimalkan jumlah tampilan halaman dan pengunjung melalui optimasi mesin pencari. Mereka harus memiliki keterampilan komunikasi dan kreativitas yang diperlukan untuk memastikan situs web memenuhi kebutuhan penggunanya.

7. Analis keamanan informasi

Analis keamanan informasi membuat sistem untuk melindungi jaringan informasi dan situs web dari serangan siber dan pelanggaran keamanan lainnya. Tanggung jawab mereka juga termasuk meneliti tren dalam keamanan data untuk mengantisipasi masalah dan menginstal sistem untuk mencegah masalah sebelum terjadi.

Analis keamanan juga membutuhkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat untuk menyelidiki pelanggaran, menentukan penyebabnya, dan memodifikasi atau memperbaiki sistem keamanan.

Baca juga: Bukan Cuma Naik Gaji, Ini Cara Yang Paling Ampuh Cegah Karyawan Resign

8. Ilmuwan riset komputer dan informasi

Ilmuwan riset komputer dan informasi menemukan teknologi yang memecahkan masalah kompleks di bidang-bidang seperti sains, kedokteran, dan bisnis. Mereka juga menemukan kegunaan baru untuk teknologi yang ada yang mencapai tujuan yang sama.

Ilmuwan riset komputer dan informasi menulis algoritme yang digunakan untuk mendeteksi dan menganalisis pola dalam kumpulan data yang sangat besar. Beberapa ilmuwan riset komputer dan informasi membuat program yang mengendalikan robot.

9. Manajer komputer dan sistem informasi

Manajer sistem komputer dan informasi menganalisis kebutuhan teknologi perusahaan dan mengawasi penerapan sistem data yang sesuai. Mereka harus mampu mengevaluasi perangkat lunak, perangkat keras, jaringan, dan sumber daya teknologi lainnya untuk tujuan pembelian atau pengembangan.

Karena manajer komputer dan sistem informasi mempekerjakan, melatih, dan mengawasi staf, keterampilan interpersonal sangat penting dalam peran ini. Mereka harus menjadi pemimpin yang kuat yang dapat berkomunikasi secara efektif dengan staf mereka.

10. Manajer Proyek IT

Manajer proyek di sektor IT mengoordinasikan upaya tim pemrogram/pengembang dan analis untuk menyelesaikan proyek. Mereka juga menganalisis masalah teknis untuk perusahaan atau organisasi klien mereka, mengusulkan solusi dan tips untuk meningkatkan produktivitas.

Keterampilan pemecahan masalah dan pengetahuan luas tentang teknologi dan sistem komputer membantu jurusan ilmu komputer unggul dalam peran ini. Keterampilan komunikasi yang kuat diperlukan untuk menguraikan kebutuhan pengguna dan menyampaikan spesifikasi teknis.

Tinggalkan Balasan