Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Bisa Bikin Ribut, Jangan Bicarakan 5 Hal Ini di Tempat Kerja

Work. Dok/Financebuzz.com

Topcareer.id – Diskusi soal pekerjaan di tempat kerja yaw ajar, dan sudah seharusnya. Tapi perlu dicatat bahwa tidak semua hal bisa didiskusikan di tempat kerja, ada beberapa hal yang malah harus kamu hindari.

Jika kamu nekat membicarakan topik ini di tempat kerja, efeknya akan membuat rekan kerjamu merasa tidak nyaman atau memengaruhi pendapat mereka terhadap dirimu. Akhirnya berujung kecanggungan yang memengaruhi fungsi kerja. Berikut adalah topik yang tidak seharusnya kamu bahas di tempat kerja.

1. Politik

Politik mungkin merupakan topik yang lebih mudah berubah daripada topik lainnya. Membicarakan hal ini bisa menyebabkan kemarahan berkobar hingga mengakhiri hubungan, bahkan antara teman dekat dan keluarga. Mengingat jumlah waktu yang kamu habiskan di tempat kerja, dan kebutuhan untuk bergaul dan bekerja berdampingan dengan rekan kerja, tidak ada gunanya membicarakan hal itu.

Meskipun kamu mungkin merasa sangat yakin tentang partai serta kandidatmu, atau kamu mungkin memiliki pendapat yang sangat tidak menguntungkan tentang oposisi, jangan mencoba untuk memenangkan rekan kerja ke pihakmu.

2. Kehidupan seks

Jangan pernah membahas detail tentang kehidupan seksmu. Tidak ada alasan bagi siapapun untuk mengetahui apa yang terjadi antara kamu dan pasanganmu. Topik ini membuat banyak orang geli dan dapat menyebabkan rekan kerjamu merasa tidak nyaman jika berada di dekatmu.

Jika seseorang merasa terintimidasi atau berpikir kamu telah menciptakan lingkungan kerja yang menyinggung, dia mungkin memiliki alasan untuk mengajukan keluhan pelecehan seksual.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Biar Kamu Nggak Jadi Bahan Gosip Di Tempat Kerja

3. Masalah dengan pasanganmu, anak atau orang tua

Membahas masalah yang kamu alami dengan anggota keluarga dapat menyebabkan orang lain, termasuk atasan, bertanya-tanya apakah kesulitan ini akan mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan harian? Bahkan jika kamu tahu masalah ini tidak akan memengaruhi pekerjaanmu.

Ketika supervisor atau manajer berterus terang tentang masalah mereka, bawahan mereka mungkin melihat ini sebagai titik lemah yang dapat mereka manfaatkan.

4. Aspirasi kariermu

Tidak ada yang salah dengan melihat pekerjaanmu saat ini sebagai batu loncatan untuk hal-hal yang lebih besar dan lebih baik, tetapi simpan perasaan itu untuk diri sendiri. Berbicara tentang ambisimu, untuk alasan yang baik, akan membuat atasan mempertanyakan kesetiaanmu dan menyebabkan beberapa rekan kerja membenci kamu.

5. Agama

Sementara agama tampaknya dibahas di mana-mana, percayalah bahwa itu adalah topik yang harus kamu abaikan di tempat kerja. Iman seseorang adalah hal yang pribadi, dan banyak orang yang sensitif tentang hal itu.

Bukan berarti kamu perlu merahasiakan agama. Boleh saja menyebutkan hal-hal yang kamu lakukan untuk merayakannya—tetapi sadarilah bahwa tidak semua orang menyembah dengan cara yang sama. Jangan membahas keyakinan agamamu secara mendalam dan menyimpan pendapat negatif tentang keyakinan orang lain untuk dirimu sendiri.

Tinggalkan Balasan