Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Lakukan 5 Hal Ini Biar Kamu Nggak Jadi Bahan Gosip di Tempat Kerja

cropped-gosip.jpg

Topcareer.id – Gosip hampir selalu ada di tiap tempat kerja, apapun bidangnya. Ketika kamu bicara ‘rahasia’ ke teman kantor, tapi boom..keesokannya hampir semua orang mengetahuinya. Tak bisa kamu hindari, jika sudah begitu, obrolan itu akan jadi bahan gosip, termasuk kamu.

Gosip di tempat kerja bisa sangat merusak reputasi dan kariermu ke depan. Melansir laman The Balance Careers, berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan di tempat kerja agar tidak menjadi bahan gosip.

1. Jangan bagikan informasi pribadi

Apa yang terjadi ketika kamu berbagi terlalu banyak informasi dengan rekan kerja? Semua orang akan mengetahui hal-hal tentang dirimu yang mungkin tidak kamu sukai. Berhati-hatilah untuk membicarakan masalah keluarga, masalah perkawinan, detail tentang kehidupan cintamu, atau kesulitan keuangan secara terbuka.

Jika itu kamu lakukan, kamu hanya memberi tukang gosip banyak bahan yang nantinya bisa digunakan untuk melawanmu jika mereka mau. Merahasiakan informasi tidak akan menghentikan semua gosip kantor—mereka yang suka membicarakan orang lain tidak akan mengada-ada—tetapi kamu setidaknya dapat menghindari menyediakan bahan gosip untuk hiburan mereka.

2. Jangan munculkan keterlibatan hubungan romantis dengan rekan kerja

Romansa kantor membuatmu berisiko menjadi subjek gosip di tempat kerja. Dalam hal ini, kamu bahkan tidak perlu berbagi informasi pribadi dengan rekan kerja. Mereka akan dapat menyaksikannya secara langsung. Kamu dan pasangan akan menjadi bintang reality show di tempat kerja.

Baca juga: Waspada Situs Palsu, Daftar Kartu Prakerja Hanya Di Situs Ini

Menjaga rahasia hubungan itu mungkin, tetapi sulit, terutama jika kamu dan rekan kerja berada di tim yang sama. Jika sudah terlambat, setidaknya berhati-hatilah saat berkencan dengan rekan kerja. Jangan pamerkan hubunganmu di depan rekan kerja.

3. Pertahankan temperamen

Bagi sebagian orang, tidak ada yang lebih menghibur daripada melihat seseorang kehilangan kesabaran. Rekan-rekan kerjamu akan dengan senang hati mengamati wajah merahmu dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu. Kemudian mereka akan menghabiskan hari-hari berikutnya dengan bergosip tentang kemarahanmu di belakangmu.

Ketika sesuatu di tempat kerja membuatmu kesal, luangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri sebelum kamu mengatasinya. Tunggu sampai kamu tenang dan mengungkapkan pikiranmu.

4. Perhatikan perilakumu di luar pekerjaan

Kamu mungkin berpikir bahwa perilakumu di luar pekerjaan bukanlah urusan bos atau rekan kerja. Lagi pula, tidak ada yang akan mengetahuinya kecuali kamu memberi tahu mereka. Itu mungkin benar, kecuali seorang kolega kebetulan menyaksikan perilakumu.

Jika kamu memposting tentang apa yang kamu lakukan di media sosial, karena begitu banyak orang cenderung melakukannya, salah satu rekan kerjamu mungkin menemukannya.

5. Berpakaian yang sesuai

Entah itu benar atau salah, orang suka bergosip tentang penampilan. Mungkin sesekali kamu mucul ke tempat kerja dengan berpakaian seolah-olah pergi ke klub atau mengenakan sesuatu yang tampak santai seperti ingin bebersih rumah, itu akan membuat rekan kerjamu mungkin membicarakannya.

Ini adalah alasan yang cukup untuk berhati-hati tentang bagaimana caramu berpakaian. Selalu kenakan pakaian yang sesuai untuk bekerja.

Tinggalkan Balasan