Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Platform Medsos Apa yang Paling Baik untuk Cari Kerja? Ini Daftarnya

socmed mktMarketing Social Media

Topcareer.id – Sosial media saat ini peruntukannya tak hanya sebagai jalur iklan atau pemasaran, tapi juga dalam pencarian kerja serta talenta. Menurut Monster.com, 80% pengusaha menggunakan media sosial sebagai alat rekrutmen. Tapi, apa platform sosial media terbaik untuk memanfaatkan hal ini?

Mengutip laman The Balanace Careers, salah satu alasan pengusaha memanfaatkan media sosial adalah untuk mencari kandidat pasif (mereka yang tidak aktif mencari pekerjaan). Jadi, masuk akal untuk menggunakan jejaring sosial media teratas ini untuk meningkatkan kariermu.

1. LinkedIn

Dengan sekitar 800 juta pengguna saat ini, LinkedIn adalah tempat teratas bagi orang yang mencari pekerjaan. Namun, banyak pengguna tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memaksimalkan peluang mereka, termasuk mengoptimalkan profil mereka, membuat jaringan, bergabung dengan grup, menggabungkan sampel kerja, dan mengumpulkan rekomendasi.

Pastikan kamu menjangkau koneksi tingkat pertama, kedua, dan ketiga untuk mendapatkan informasi, saran, dan perkenalan dengan manajer perekrutan. Bergabunglah dengan grup profesional yang terkait dengan minatmu dan berkontribusi dalam diskusi untuk meningkatkan visibilitas sebagai kandidat.

2. Facebook

Banyak perusahaan akan memasang iklan pekerjaan di Facebook. Kamu dapat menemukan peluang ini dengan mencari “Pekerjaan di Facebook” di jendela pencarian di situs. Namun, nilai terbesar dari Facebook adalah kesempatan untuk meminta bantuan dari kontakmu dengan pencarian pekerjaan.

Tanyakan apakah kontakmu mengetahui pekerjaan apapun yang terkait dengan minatmu, dan juga minta temanmu memberikan referensi kepada orang yang mereka kenal di bidang itu untuk mendapatkan saran dan informasi yang relevan dengan transisi pekerjaanmu. Bergabunglah dengan kelompok orang dengan minat yang sama dan berjejaring dengan mereka.

3. Instagram

Instagram adalah cara yang baik untuk membangun personal branding sambil menunjukkan keterampilan sosial media dan meningkatkan kehadiran digital secara keseluruhan. Ini juga merupakan cara cerdas untuk mengumpulkan informasi dan wawasan tentang perusahaan tempatmu ingin bekerja.

Baca juga: Nggak Suka Kerja Kantoran? Lima Pekerjaan Ini Bisa Dipertimbangkan

Instagram adalah cara yang bagus untuk melihat ke dalam perusahaan untuk menunjukkan apkah nanti kamu akan cocok di dalamnya. Instagram juga menyediakan wahana bagimu untuk memposting representasi visual terkait proyek profesional atau akademik.

4. Tiktok

Kamu dapat menemukan banyak saran pencarian kerja di TikTok menggunakan tagar seperti #jobsearch dan #careertok, #loker. Pencari kerja juga dapat menggunakan TikTok sebagai alat aplikasi dan untuk berbagi resume video.

5. Pinterest

Pinterest melaporkan jutaan pengguna aktif bulanan. Situs ini akan sangat berguna untuk tipe kreatif seperti dekorator interior, seniman, dan desainer grafis yang dapat memposting representasi visual dari karya mereka.

6. Twitter

Pengguna Twitter aktif dapat mengembangkan dan mempromosikan brand profesional mereka dengan memposting informasi yang menarik bagi individu di bidangnya. Salah satu manfaat Twitter adalah komunikasi yang mengalir bebas yang memungkinkanmu berbicara langsung dengan perekrut dan manajer perekrutan tanpa perlu mengirimkan resume terlebih dahulu.

Meskipun Twitter adalah alat jaringan yang sangat baik, kamu perlu mendukung upayamu dengan blog atau profil LinkedIn. Tidak ada yang akan mempekerjakan Anda hanya berdasarkan profil Twitter.

7. Youtube

YouTube adalah sarana yang sangat baik untuk memasukkan sampel video pekerjaanmu, serta bukti keterampilan komunikasi atau kepribadianmu ke dalam pencarian pekerjaan. Tentu saja, musisi, aktor, guru, konsultan, dan pelatih telah menggunakan situs ini selama bertahun-tahun untuk mempromosikan keterampilan mereka.

Banyak pencari kerja lain dapat mengambil manfaat dari membuat profil video yang menampilkan kepribadian mereka dan menunjukkan keterampilan terkait karier mereka.

Tinggalkan Balasan