Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Stres dan Lelah Dikejar Deadline? Ini Tips agar Tetap Fokus

Jauhi stres di hari Minggu. Dok/Parade.comTired at work. Dok/Parade.com

Topcareer.id – Deadline yang semakin dekat, terkadang membuat kamu harus kerja berlebih, sehingga kamu kurang tidur di malam hari. Dampaknya, kamu pun jadi lebih cepat lelah pada siang harinya di kantor.

Apa pun alasannya, setiap orang pasti memiliki hari-hari yang akan menyebabkan rasa lelah. Dan ketika harus pergi bekerja keesokan harinya, itu bisa sangat menyiksa.

Mendapatkan secangkir kopi mungkin tampak seperti pilihan yang sempurna bagi penikmatnya, tetapi bagi yang tidak, tentu harus memikirkan cara lain.

Berikut ini lima hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap fokus di tempat kerja saat kamu merasa lelah.

Basuh wajah dengan air dingin
Membasuh wajah dengan air dingin benar-benar bekerja efektif. Jadi, pergilah ke toilet dan segera basuh wajahmu di wastafel menggunakan air dingin.

Apakah itu akan mengacaukan riasan Anda? Mungkin saja, tapi kamu bisa merapikannya lagi nanti. Yang terpenting kamu langsung merasa segar kembali.

Pastikan untuk minum banyak air mineral juga. Dehidrasi hanya akan membuatmu semakin lelah dan semakin sulit berkonsentrasi.

Tetapkan tujuan yang jelas
Lebih mudah untuk fokus ketika memiliki satu tujuan tertentu dalam pikiran. Sebelum memulai hari kerja, identifikasi hal terpenting yang perlu kamu kerjakan.

Jika satu hal yang harus kamu lakukan adalah proyek besar yang membutuhkan banyak konsentrasi, kamu bisa memecah proyek besar itu menjadi serangkaian tugas yang lebih kecil dan lebih mudah.

Berjalan-jalan sejenak
Ketika kamu membutuhkan dorongan energi instan, kamu harus bangun dari tempat duduk dan bergerak.

Berdiri. Regangkan tubuh kamu. Keluar dari kursi meja dan berjalan menyusuri lorong atau naik dan turun tangga.

Sedikit olahraga saja sudah cukup mengirim oksigen ke otak kamu dan itu akan memberimu dorongan energi baru.

Lebih baik lagi jika kamu bisa berjalan-jalan sebentar di luar kantor. Mengapa? Karena sinar matahari meningkatkan kadar serotonin yang membuatmu lebih mudah untuk fokus.

Baca juga: Singapura Resmi jadi Negara Paling Lelah di Dunia

Tarik napas dalam sesekali
Orang sering mengaitkan teknik pernapasan dalam dengan meditasi dan relaksasi. Itu kebalikan dari apa yang ingin kamu lakukan jika kamu merasa lamban dan tidak fokus.

Menarik beberapa napas dalam-dalam juga akan membantumu memfokuskan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.

Tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Jika melakukannya dengan benar, otak akan lebih mampu untuk fokus pada hal-hal lain.

Hilangkan semua gangguan
Menghilangkan gangguan adalah kunci untuk memiliki hari kerja yang produktif. Ketika kamu lelah, itu adalah keharusan mutlak.

Hindari memeriksa email terlalu sering, sehingga kamu tidak akan terganggu oleh pesan yang tidak penting atau membuang waktu.

Singkirkan ponselmu juga. Jika kamu mulai menelusuri postingan Twitter, FB, IG, ataupun TikTok kamu hanya akan semakin terpuruk!

Jika bisa, cabut sepenuhnya dan hindari semua gangguan digital dan faktor eksternal.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan