Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Jaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja (Bagian 2)

Work. Dok/SHRMWork. Dok/SHRM

Topcareer.id – Mempertahankan hubungan yang kuat dengan rekan kerja bisa menjadi rumit ketika pekerjaan yang kamu lakukan adalah fokus utamamu.

Hubungan membutuhkan upaya yang disengaja untuk tumbuh dan berkelanjutan, terutama dalam pengaturan kerja hybrid.

Tetapi dengan hubungan rekan kerja yang solid, pekerjaan kamu bahkan bisa menjadi lebih mudah! Tanpa mereka, pekerjaan kamu bisa sangat membuat frustrasi, kesepian, dan kewalahan.

Hubungan kerja penting untuk membangun moral tim, meningkatkan produktivitas, dan membuat hari kamu lebih menyenangkan .

Berikut beberapa tips untuk mengembangkan hubungan yang baik dengan rekan kerja.

Bagian akhir dari artikel

Tunjukkan Apresiasi
Ketika seorang rekan kerja membantumu dengan sebuah proyek atau melakukan sesuatu untukmu, pastikan berterima kasih kepada mereka atas upayanya.

Menunjukkan penghargaan bisa meningkatkan kepositifan dan menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu menghargai pekerjaan mereka.

Tersedia & Terbuka
Sulit untuk memiliki hubungan dengan seseorang yang tidak pernah tersedia, terbuka, bahkan tampaknya tertutup.

Apakah pintu ruang kerja kamu selalu tertutup atau kamu jarang menjawab pesan, itu bisa membuat orang merasa tidak bisa menghubungimu.

Bersikaplah responsif dan tersedia untuk rekan kerja kamu selama pekerjaanmu memungkinkan.

Baca juga: 5 Aturan Yang harus Kamu Perhatikan saat Ingin Pacaran dengan Rekan Kerja

Luangkan Waktu untuk Obrolan Ringan
Dalam pengaturan kerja virtual dan tatap muka, terkadang tidak ada waktu untuk membicarakan topik pribadi dan topik lain yang tidak terkait dengan pekerjaan.

Ajaklah tim dan penyelia kamu untuk menyisihkan waktu di awal rapat untuk memulai dengan obrolan ringan guna membangun koneksi dan memicu percakapan yang baik.

Gunakan Video Jika Memungkinkan
Mungkin sulit untuk mempertahankan hubungan dengan rekan kerja tanpa bisa melihat wajah mereka.

Bahkan jika ruang kerja kamu di rumah sedikit berantakan, cobalah menggunakan kamera untuk panggilan virtual sebanyak mungkin dengan rekan kerja.

Itu akan membuatnya lebih mudah untuk terhubung, memberikan isyarat nonverbal, dan menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu memperhatikan.

Jadilah Otentik, Konsisten & Positif
Orang biasanya dapat mengetahui kapan kamu tidak menjadi dirimu yang sebenarnya, dan kamu juga bisa mengecewakan jika kamu selalu dianggap negatif.

Misalnya suatu hari kamu baik-baik saja dengan bercanda dengan rekan kerja sebelum rapat, tetapi kemudian hari berikutnya kamu menutup semua percakapan pribadi.

Itu bisa sangat membingungkan dan tidak konsisten bagi orang-orang di sekitarmu. Fokuslah untuk menjadi otentik, positif dan konsisten untuk menghindari konflik yang tidak perlu.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan