Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 28, 2022
redaksi@topcareer.id
Skills.idSosok

Ngajar Ragam Kue di Skills.id, Petrus Gandamana Sering Jadi Juri Pastry

kue kering lebaran/copyright by Rido Fadilah (Shutterstock)kue kering lebaran/copyright by Rido Fadilah (Shutterstock)

Topcareer.id – Jika ingin berlatih atau mempelajari sesuatu lebih dalam, memang harus kepada ahlinya. Nah, kalau mau latihan membuat ragam kue di Skills.id, ada Petrus Gandamana yang akan menjadi ahlinya.

Petrus sudah terjun ke industri makanan dan minuman (F&B) sejak tahun 1993. Karier pertama Petrus, yakni membangun dan menjalankan usaha makanan beku ekspor ke Jepang, milik suatu grup perusahaan nasional.

Laki-laki lulusan Teknik Industri dari Insitut Teknologi Indonesia pada 1993 ini, juga pernah bergabung di di PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Bogasari Flour Mills Division pada 2000, dengan jabatan sebagai Sales Assistant Manager untuk Industrial Customers.

Hingga pada 2003 dia dipromosikan sebagai Product Group Manager, yang memberinya kesempatan untuk mengembangak produk-produk berbasis terigu, seperti roti dan aneka pastry.

Dia juga mengikuti pelatihan singkat baking di dalam dan luar negeri seperti di SAIT (South Alberta Insitute of Technology, Calgary) Kanada pada tahun 2005.

Petrus Gandamana, salah satu pengajar pastry di Skills.id

Sejak awal tahun 2008 Petrus memulai usaha sendiri dengan menerbitkan majalah bakery pertama di Indonesia, dan pada tahun 2014 nama majalahnya menjadi Bareca yaitu singkatan Bakery restoran dan Café.

Visinya yang ke depan melihat bahwa ketiga bidang usaha itu akan menjadi bidang kuliner penting di Indonesia, dan perkiraannya memang terbukti di tahun 2018 lalu.

Sejak tahun 2015 Petrus Gandamana mendirikan Jakarta International Professionalism Academy (JIPA), suatu kegiatan pelatihan dengan peralatan dapur kerja yang memakai standar bakery, berlokasi di Kelapa gading, Jakarta Utara. Peserta pelatihannya mencakup mulai dari ibu rumah tangga sampai para profesional di bidang bakery.

Sejak tahun 2020 lalu kegiatan pelatihan diselenggarakan juga dalam format online/daring untuk menjangkau peserta yang lebih luas dan lebih cepat penyampaian materinya.

Ia juga sering menjadi juri serta mentor pada ajang-ajang kompetisi meembuat pastry, seperti pada

Jury SIGEP Italy : Pastry Queen 2016 & 2018 & Junior World Pastry Competition 2017 & 2019
Jury SIGEP Italy : The Star of Sugar 2020
Jury and Chairman Choco Master,serta
Mentor for Foodstartup of Indonesia Creative Economic Body (BEKRAF) untuk konsep bisnis pada tahun 2016 & 2017 (3 kali).
Mentor Food Marketing for 30 Accelerated Foodstartup oleh Accelerice pada tahun 2019

Di Skills.id, ada tiga pelatihan yang diisi oleh Petrus, ketiganya yakni “Membuat dan Mengolah Jenis Kue Kering Untuk Menjadi Pembuat dan Penjual Kue Kering”, “Membuat dan Mengolah Jenis Donat Untuk Menjadi Pembuat dan Penjual Donat”, “Belajar Membuat Aneka Kue Bolu Populer Dan Peluang Usahanya Bagi Pembuat Kue.”

Tinggalkan Balasan